2 Tahun Perjalanan Ngeblog Yang Nggak Sesuai Harapan - felorasa
News Update
Loading...

Selasa, 20 Desember 2022

2 Tahun Perjalanan Ngeblog Yang Nggak Sesuai Harapan


Tahun 2022 ini, aku sudah aktif 2 tahun ngeblog (meskipun jarang update), hehe. Di artikel sebelumnya, aku pernah sharing gimana hasil pencapaianku pas 1 tahun ngeblog dan harapanku di tahun 2022.

Selama 1 tahun pertama itu bisa dibilang progresnya lumayan naik meski aku masih baru. Tapi 1 tahun setelahnya aku ngrasa mengalami penurunan drastis.


Harapanku di Tahun 2022 Yang Gagal Tercapai


Kalau teman-teman pernah baca artikel sebelumnya yang 1 tahun ngeblog, aku pernah tulis beberapa point target aku di tahun 2022. 

Nah, dari 5 point target itu, hanya 1 point aja yang terpenuhi. Point yang lainnya gagal haha. Kenapa ya bisa gitu? Coba aku analisa, ya. Wkwk

1. Nggak Males Nulis

Waduh, ini beneran aku gatot alias gagal total. Targetnya sih bisa publish 2 atau 3 artikel dalam 1 minggu. Ternyata sama saja kayak tahun sebelumnya, haha.

Tapi aku mewajarkan, sih. Soalnya selama 1 tahun ini, aku bener-bener sibuk dengan urusan rumah sama kantor. Apalagi pertengahan tahun, aku dan keluarga kena musibah yang cukup bikin kondisi keluarga agak kurang baik.

Harapanku di tahun 2023, aku nggak mager lagi dan lebih semangat menulis. Aamiin.


2. Pasang Template

Kalau kalian lihat templateku yang sekarang, bagus nggak sih? Jelas, nggak? Apa biasa aja? 

Eh, beneran milih template itu kayak milih rumah. Susah susah gampang. Apalagi nggak boleh sering gonta ganti template. Tapi alhamdulillah tahun ini aku bisa ganti template dari template bawaan blog ku dulu ke template sekarang (meski masih berantakan, ya). Kalau dibandingkan sama yang dulu ya bagusan sekarang, bun. 

Jujur aku suka banget sama template nya blogger mb Nabila yang tulisan dan gambarnya bisa "terbang-terbang" gitu (?). Beneran aku suka banget karena nggak bikin bosen. Tampilannya juga interaktif. Tapi aku belum paham itu cara kerjanya gimana dan beli nya dimana (plakk).


3. Rajin Ikut Lomba Blog

Ini mah gatot alias gagal total part #2. 1 tahun awal masih mending meski ikut lomba sedikit tapi masih bisa dapat juara. Bahkan ada yang juara 1.

Nah, di tahun ini. Boro-boro dapat juara 1. Orang 70 pemenang pertama aja aku nggak kecantol. Duh, gimana coba itu, haha.

Padahal dibanding tahun sebelumnya, jumlah lomba yang ku ikuti lebih banyak dan lebih ku tlateni dari segi tulisan hingga gambarnya. Tapi tetep aja nggak ada yg kecantol. 

Bahkan ada yang artikel orang yang  pendek nya kebangetan dan nggak ada grafisnya malah dapat juara. Sedangkan artikelku yang panjang kali lebar, malah nggak menang.

Tapi herannya, aku nggak bosen buat ikut lomba blog meski nggak menang, wkwk.

Semoga tahun depan aku bisa ikut lomba blog lagi dan bisa memenuhi target. Meskipun agak bikin sedih ya, bun. Wkwk.


4. Menulis Lewat Laptop

Di tahun ke dua ini, diriku masih lebih banyak menulis pakai hape. Sesekali pinjam laptop suami kalau pas ada lomba blog dan edit template. Tapi untuk hari biasa, aku pakai hape untuk menulis.

Memang agak susah apalagi kalau ketik artikel panjang. Jempol berasa berotot jadinya.

Mungkin kalau lihat beberapa artikel terlihat berantakan. Nah, itu artikel yang aku ketik di hp. 

Semoga tahun depan, aku bisa beli laptop sendiri. Aamiin.


5. Pasang Google Ads

Sebenarnya pasang google ads untuk saat ini bukan jadi prioritas. Aku belum tertarik pasang karena beberapa alasan.

Yang kedua, aku belum mempelajari gimana pasang google ads dan nerapin iklan di blog. Aku takut kalau salah pasang, malah mempengaruhi kinerja blogku. 

Makanya sebelum aku fix untuk pasang google ads, aku harus belajar dulu.


Target Blog felorasa.com di Tahun 2023


Target ku untuk blog felorasa.com di tahun 2023 masih sama karena melanjutkan target 2022 yang belum kesampaian.

Aku juga mau nambahin target 1 lagi yaitu menaikkan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Sebelumnya aku memang kurang ngeuh kalau DA dan PA itu penting. Jarang juga mengecheck DA blog ku itu berapa.

Aku sudah baca beberapa point cara menaikkan DA dan PA di blog teman-teman lain. Ternyata memang butuh perhatian khusus dan nggak mudah hikss. Banyak yang bilang susah sampai mau nangis karna nggak naik-naik dan ngaruh ke job.

Setelah aku check, DA ku turun drastis. Dari 11 jadi 5. Aku nggak tau penyebabnya apa kok bisa turun sebanyak itu. Makanya aku lagi mempelajari lebih dalam tentang DA dan PA ini. Dan untuk tahun depan, kayaknya bakal jadi target utamaku.

Mungkin teman-teman pembaca ada pengalaman seputar menaikan DA PA? Kalau ada bisa sharing di kolom komentar, ya.


Baca juga : Pertama kali Menang Lomba Blog






Share with your friends

2 komentar

  1. Semangat sellau ngeblognya, pokoknya rutin aja dulu nulis, yang namanya penghasilan bakalan mengikuti kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun. Harus lebih telaten lagi ini wkwkw. Makasih sudah mengunjungi blogku ya bun

      Hapus

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done