Wujudkan Rumah Impian Senyaman Rumah Kakek Nenek Dengan Olymplast - felorasa
News Update
Loading...

Kamis, 15 Desember 2022

Wujudkan Rumah Impian Senyaman Rumah Kakek Nenek Dengan Olymplast

Hal yang menyedihkan saat aku bertambah usia adalah bapak ibu dan nenek juga semakin menua. Hari demi hari aku melihat orang tua terutama nenek kulitnya makin keriput, rambutnya mulai memutih dan badannya tidak setegap seperti dahulu.

Rumah nenek yang sudah hancur (dokumen pribadi)

Terlalu banyak kenangan tentang mbah, sebutanku kepada kakek nenek karena hampir 26 tahun, aku tinggal dengan mereka. 5 tahun awal tinggal di rumah nenek pihak ayah dan 21 tahun tinggal dengan nenek pihak ibu. Selama itu, tentu banyak kenangan indah dan pengalaman yang tidak bisa terlupakan. 

Seiring berjalannya waktu, kini aku sudah memiliki keluarga baru menjadi seorang ibu seperti ibu dan nenek. Belajar hidup mandiri di rumah bersama keluarga tercinta seperti mereka. Dan belajar mengatur rumah tangga sendiri seperti mereka.

Sekarang aku sudah bertempat tinggal jauh. Memang ada rasa takut merayapi hati. Ada kerinduan karena mengingat waktu kebersamaan dahulu. Hingga ada masa-masa ketika video call tidak aku angkat karena aku tidak berani menatap wajah mbah yang sendu.

Semakin sadar ternyata waktu hidup di dunia ini hanya sebentar dan waktu begitu cepat berlalu, membuat kesempatan bersama mbah pun terasa sangat singkat. Rasanya baru kemarin lulus SMP, ini kok sudah jadi ibu-ibu. 

Meskipun begitu, aku masih punya waktu untuk ciptakan memori indah bersama mbah dengan kesempatan yang berbeda.

Rumah mbah yang hancur (Dokumen pribadi)

Rumah nenek pihak ayah kini sudah hancur, atap nya rubuh dan temboknya rapuh. Jendela juga sudah koyak. Bahkan lantai nya sudah ditumbuhi rumput dan lumut. Begitu pula di halaman depan, banyak ditumbuhi semak belukar. Ya, karena sudah tidak ditempati lama. 

Tapi jika aku putar kembali ingatan saat masa kecilku di rumah mbahku. Dengan konsep desain yang masih tradisional dan sederhana membuat rumah menjadi semakin terasa homey dan hangat. Rumah mbah yang sederhana menjadi kesan yang tidak akan terlupakan seumur hidup.


Apakah teman-teman yang merantau pernah merasakan ini juga?

Ada kerinduan yang mendalam akan rumah. Tapi saat kita kembali ke rumah, rasanya seperti sudah tidak sama lagi. Mungkin tempatnya berubah mengikuti zaman, rusak, atau orang-orang nya sudah tidak lagi disana.

Semakin lama meninggalkan rumah, terasa sesak di hati. Dan setiap kembali melihatnya, kenangan itu semakin tak beranjak pergi hingga sadar kita tidak bisa kembali ke masa itu lagi.

Itulah kekuatan rumah kakek nenek yang magnetnya begitu kuat untuk selalu ingin kembali.

Berikut beberapa hal yang diingat rumah nenek. Dijamin membuat bernostalgia.

1. Bangunan Khas Rumah Kakek Nenek Zaman Dulu

Rumah dahulu memang sangat berbeda dibandingkan sekarang meskipun begitu ada banyak hal unik yang selalu diingat. Rumah identik dengan bangunan yang memanjang, dengan ruang tamu yang luas karena orang dahulu suka sekali bersosialisasi dan bertamu. 

sumber : https://instagram.com/anak90anpastitau

Zaman sekarang kebanyakan lantainya memakai keramik, kalau zaman dulu memakai tegel. Bahkan aku waktu kecil pernah tinggal di rumah mbah yang lantainya masih memakai tanah di seluruh ruangan. Jadi kemana-mana pakai sendal jepit, hehe.

Sumber :  https://instagram.com/anak90anpastitau

Siapa nih yang pernah lihat kunci pintu berbentuk kayu di atas? Dulu pintu dapur rumah mbahku menggunakan kunci pintu legendaris seperti itu, hehe. Kalau zaman sekarang sudah pakai kunci bahkan ada yang memakai teknologi.

2. Dapur Luas Dengan Tungku Api yang Menyala

Seperti gambar di bawah ini, rumah kakek nenek di desa kebanyakan dapurnya luas dengan beberapa perabotan masak yang di gantung dan di tumpuk di kanan kirinya.

Dapur nenek
Sumber : https://instagram.com/nostalgia.melulu

Saat matahari sudah terbit dan ayam berkokok, mbahku sudah sibuk di dapur dengan tungku kayunya untuk memasak beberapa menu. Tercium baunya yang sangat khas dari dapur sederhana itu. 

Pernah tidak teman-teman merasakan lapar tapi makanan belum siap, dan ketika melihat ke dapur ternyata ibu atau mbah sedang kesusahan mengurus kompor yang rewel, hehe. Terkadang minyak tanah sudah habis, sumbu kompor yang tidak merata, dan susah nya menyalakan kompor dengan lidi. 

Temen-temen juga pasti pernah "menangi" menyalakan api di kompor minyak tanah sambil tiup-tiup sumbu kompor biar api memutar. Kalau iya coba komentar di kolom komentar di bawah, ya.


3. Tanaman Pengganti Pagar Zaman Dulu

Rumah mbah ku zaman dulu, menggunakan pagar tanaman. Di tempatku, biasanya disebut tanaman teh-tehan. Kalau ada teh-tehan pasti ada mie-miean juga. Mie-miean ini adalah tali putri yang bentuknya berwarna kuning yang biasanya menempel di atas dedaunan.

Tanaman teh tehan
Sumber : https://instagram.com/anak90anpastitau

Sewaktu aku kecil, aku sering bermain masak-masakan bersama teman masa kecilku. Biasanya aku sering menjadikannya sebagai ‘mie-mie-an’ karena bentuknya yang panjang dan berwarna kuning seperti mie.

4. Perabotan Yang Unik Tapi Awet

Perabotan perabotan zaman dulu juga penuh kenangan. Aku masih ingat, sebelum berangkat sekolah, bapakku menyetrika seragamku memakai setrika dari arang. Tak jarang seragamku ada warna item-itemnya.

Ada beberapa barang lagi yang khas zaman dulu seperti kompor sumbu, lampu petromak, gelas kaleng dengan corak hijau putih, kursi karet, kursi rotan, dll.

Kursi karet
Sumber : https://instagram.com/anak90anpastitau

Sampai sekarang, aku masih menyimpan beberapa perabotan zaman dahulu yang ternyata awet sekali seperti piring, gelas hias, dan beberapa barang lainnya.

Lemari tahun 90an
Sumber : https://instagram.com/nostalgia.melulu

Bicara tentang Furniture, Furniture zaman dulu kebanyakan menggunakan kayu dengan banyak ornamen atau ukiran tertentu. Seperti gambar di atas, lemari punya mbahku juga hampir sama dengan bentuk kaca memanjang dan laci kecil di bawahnya. Sampai sekarang masih awet dan tersimpan baik.

Bagaimana?

Apakah teman-teman setelah membaca hal unik di rumah kakek nenek, jadi makin rindu?


Satu kata yang maknanya tidak sederhana. Bukan sekedar tempat tinggal atau tempat aku dibesarkan. Tapi di sanalah aku memulai sebuah kisah dan menemukan banyak cerita perjalanan hidup.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rumah didefinisikan sebagai bangunan tempat tinggal atau bangunan pada umumnya (seperti gedung).

Menurut Undang-Undang Nomor 4 tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman, rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga.

Sedangkan secara psikologis, pengertian rumah adalah tempat tinggal yang menghadirkan kedamaian dan ketenteraman bagi penghuninya.

Jadi makna rumah bagiku adalah

1. Kokoh dan Nyaman Penghuninya

Semegah apapun rumah yang dibuat, sebesar apapun rumah yang dibuat tapi jika tidak diisi dengan senyuman dan kasih sayang, rasanya hampa dan kosong. Maka dari itu, meskipun rumah kecil tapi kalau penghuninya penuh cinta, dijamin betah dan berkesan seperti cinta orang tua kepada anaknya dan kasih sayang mbah kepada cucunya.

Rumah yang penghuninya menghadirkan kedamaian dan ketentraman akan menciptakan kebahagiaan yang tidak ternilai.

2. Kokoh dan Aman Bangunan dan Perabotannya

Rumah jadi tempat ternyaman untuk berteduh dari hujan dan panas terik matahari. Rumah juga tempat ternyaman untuk melakukan berbagai aktivitas. Apalagi kalau didukung dengan bangunan dan furniture yang mendukung yang aman, tentu akan membuat kenyamanan penghuninya.

Setiap orang pasti menginginkan rumah impian nya masing-masing. Apakah design rumah tradisional seperti zaman dulu atau gaya modern. Pemilihan furniture pun juga ada banyak pilihan, apakah berbahan plastik, kayu, atau stainless steel.

Kenyamanan rumah bukan hanya ditentukan oleh design interior, melainkan juga didukung oleh pemilihan furniture yang tepat. Yang jarang diperhatikan oleh banyak orang termasuk aku sendiri adalah salah memilih furniture untuk rumah. Akibatnya, teman-teman dan sekeluarga pun bisa jadi tidak betah di rumah hanya karena furniture yang kurang nyaman

Itulah sebabnya teman-teman harus cermat menghindari sejumlah kesalahan tersebut saat akan memilih furniture untuk rumah.

Bicara soal furniture. Aku punya rekomendasi furniture plastik yang bagus sebagai solusi teman-teman yang membutuhkan furniture berkualitas untuk mewujudkan rumah impian. Sehingga aman dan nyaman untuk ditempati. 

Teman-teman bisa menggunakan produk dari Olymplast. Beragam furniture berbahan plastik terbaik bisa kalian miliki.



Teman-teman pasti tidak asing dengan Olympic. Nah, Olymplast ini masih saudara dengan Olympic, loh. Ibaratnya mereka ini kakak adek. 

Olymplast didirikan oleh PT. Cahaya Bintang Plastindo pada tahun 2015 di kota Gresik. PT. Cahaya Bintang Plastindo ini adalah anak perusahaan dari PT. Graha Multi Bintang sebagai holding company yang memegang merek-merek furniture ternama Nasional, sebagai bagian dari Olympic Furniture Group.

Pada tahun 2018, Olymplast melakukan ekspansi ke kabupaten Lamongan dengan jumlah karyawan saat ini mencapai lebih dari 1000 orang. Bukan hanya lamongan, Olymplast juga membuka 2 pabrik di Palembang pada tahun 2021 dan di Makassar pada tahun 2022.

Olymplast
Sumber : Olymplast website

Hal ini membuktikan bahwa Olymplast sudah dikenal luas. Dengan begitu bisa meningkatkan perekonomian negara, membuka lapangan pekerjaan baru, dan membantu sektor UMKM dan Rumah Tangga dengan menghadirkan produk berkualitas buatan anak negeri.

Kini Olymplast sudah genap berusia 7 tahun sebagai salah satu brand furniture plastik terbaik di Indonesia.  Di ulang tahun ke 7 ini, Olymplast mengusung tema #Olymplast7uara atau yang dibaca dengan Olymplast Juara sebagai furniture plastik terbaik dan Olymplast Juaranya Rapikan Rumah bagi Keluarga Indonesia.

Olymplast pun berkomitmen dan memiliki visi:

  1. Menyediakan produk terbaik dengan konsep modern yang dapat mempercantik rumah
  2. Memberi manfaat keluarga Indonesia dengan perabot plastik yang berkelas dan berkualitas.

Oleh karena itu, teman-teman di rumah nggak perlu ragu lagi untuk mempercayakan Olympast dalam merapikan dan mempercantik rumah impian teman-teman.


Dunia properti sekarang sudah mengalami perkembangan bahkan bahan bangunan saja sekarang ini memiliki banyak alternatif yang bisa digunakan sebagai bahan-bahan yang umum dan lazim.

Kalau zaman 90an dahulu, masih banyak penggunaan furniture menggunakan kayu. Sedangkan sekarang dengan kelangkaan kayu orang-orang masih dapat memilih material yang memberikan persona seperti kayu dengan bahan berbeda dan tentu saja jauh lebih terjangkau.

Aku sendiri sedang mencari perabotan yang berbahan plastik dengan pertimbangan harga terjangkau tapi awet dan kokoh.

Olymplast memberikan solusi bagi kekhawatiran teman-teman dan khususnya aku sendiri akan kelangkaan dan mahalnya bahan berupa kayu tersebut. 

Ada banyak alasan kenapa Olymplast ini furniture berbahan plastik yang juara.

1. Harganya Lebih Terjangkau

Harga terjangkau dibandingkan dengan furniture berbahan kayu, kulit, atau stainless steel. Meskipun harga terjangkau, furniture berbahan plastik milik Olymplast sangat awet dan kokoh. Selain itu perawatan mudah karena bebas rayap dan tahan air.

2. Proses Perawatannya Sangat Mudah

Salah satu alasan kenapa aku suka furniture berbahan plastik karena perawatannya tidaklah susah. Tidak perlu menyiapkan pembersih mahal untuk membersihkan furniturenya. Cukup lap saja dengan lap micro fiber yang sudah dibasahi. Jadi tidak perlu capek-capek.

3. Bobotnya Ringan

Furniture plastik memiliki bobot yang ringan dan mudah dipindah-pindahkan sehingga teman-teman akan lebih leluasa untuk menata atau mengubah tata letak interior rumah.

Kalau teman-teman ingin pindahan rumah, pindahan akan lebih mudah karena tidak perlu repot-repot mengangkat terlalu berat karena bahan nya yang ringan.

4. Bahan yang Tahan Air, Jamur, dan Rayap

Furniture plastik tentulah awet karena tahan air, jamur, dan rayap. Furniture ini juga menjadi pilihan terbaik bagi teman-teman yang tinggal di kawasan rawan banjir. Ketika banjir sudah surut, teman-teman tinggal membersihkan furniture tersebut dan mengeringkannya sebelum menggunakannya kembali.

5. Variasi Warnanya Lebih Beragam

Kalau teman-teman bosen dengan warna itu-itu saja. Furnitur plastik bisa jadi solusinya karena memiliki pilihan warna yang beraneka ragam dari warna netral seperti coklat, abu-abu, dan hitam serta warna yang ceria. Yang terpenting bisa menyesuaikan sesuai design impian rumah teman-teman.



Banyak produk-produk berbahan plastik di luaran sana. Tapi sering kali aku temui kualitasnya yang kurang mumpuni. Nah, inilah alasan kenapa harus memilih Olymplast sebagai furniture plastik andalan

Kelebihan olymplast

1. Kualitas Material Terjamin

Olymplast menggunakan material yang berkualitas dan pilihan terbaik untuk setiap produk yang ditawarkan.  Kualitas material adalah hal penting karena menjamin furnitur awet dan tahan lama.

2. Kualitas Design Ciamik

Produk yang ditawarkan Olymplast tidak hanya menawarkan kekuatan dan keawetan produk, tetapi juga menawarkan design produk yang lebih bergaya dan enak dipandang untuk mempercantik rumah teman-teman.

3. Kualitas Fungsi Mumpuni

Produk Olymplast dijamin dapat digunakan sesuai fungsi dan penggunaannya. Jadi nggak perlu khawatir jika membeli produk dari olymplast karena sesuai dengan fungsinya.

4. Kualitas Tahan lama

Olymplast menawarkan harga produk yang lebih terjangkau untuk kualitas produk yang terbaik dengan material yang mumpuni. Sehingga produk Olymplast dikenal dengan keawetannya.

5. Terpercaya 

Oymplast dijamin terpercaya karena telah mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 sebagai pengakuan akan layanan dan mutu produk yang baik. Olymplast juga mendapatkan penghargaan hingga menyabet penghargaan wow brand sebuah penghargaan berskala nasional. Selain itu, olymplast juga menyabet Top Brand Award sebuah penghargaan berskala nasional yang diberikan kepada brand dengan performa terbaik di pasar Indonesia. Tahun 2021 Olymplast mendapatkan predikat Top Brand untuk kategori Kursi Plastik.

Tak hanya itu, Olymplast juga memiliki website profesionalnya sendiri yang bisa teman-teman kunjungi di https://olymplast.co.id/. 

Saat pertama kali aku membuka website, bisa aku bilang websitenya ringan dan tidak memberatkan ponsel. Website juga mudah dioperasikan dan tidak membuat bingung pengunjung. Kalian juga bisa melihat produk yang ditawarkan di website tersebut secara lengkap.

Bagi teman-teman yang suka buka instagram, kalian bisa kunjungi instagram Olymplast. Olymplast memanjakan kita dengan promo-promo dan kuis yang menarik disana.



Nah, para pembaca sekalian pasti memiliki kenangan tersendiri dengan furniture atau perabotan klasik yang dulu pernah pembaca jumpai di masa kecil. Tapi sulit dijumpai kembali karena barang sudah tidak diproduksi lagi di zaman modern ini.

Bagi teman-teman yang ingin menghadirkan suasana rumah yang klasik seperti rumah nenek, sudah tidak perlu bingung lagi. Karena Olymplast menyediakan berbagai macam Perabotan Rumah Tangga sesuai kebutuhan teman-teman sekalian.

Apabila teman teman rindu akan furniture klasik yang dikemas modern tapi tidak menghilangkan kesan klastik tersebut, kalian bisa coba intip beberapa furniture rekomendasi aku di bawah ini.

1. Lemari Pakaian Olymplast Transform Cabinet Klasik

Lemari pakaian Olymplast Transform Cabinet Klasik ini memiliki design yang modern dan elegan, tapi tetap terlihat klasik. Dipadupadankan dengan warna cream yang kalem dan beberapa ornamen ukiran yang berada di atas dan di bawah lemari khas perabotan yang aku temui di tahun 90'an.

Cocok sekali bagi aku atau teman-teman yang ingin mempercantik rumah dengan gaya klasik.


Lemari ini memiliki 2 variasi yaitu 2 pintu dan 3 pintu. Selain itu, lemari ini dilengkapi dengan gantungan baju besi chrome yang kokoh. Terdapat pula kunci pada laci yang dapat digunakan untuk menyimpan barang secara aman. Penyimpanan pun luas yang dapat menampung baju dengan rapi.


2. Lemari Dapur Olymplast Kitchen Locker 

Lemari dapur ini memiliki 2 pintu klasik yang manis dengan laci multifungsi diatasnya. Teman-teman bisa menyimpan piring dan peralatan dapur karena lemari ini memiliki rak penyimpanan yang luas. Dilengkapi pula dengan pintu kaca yang mudah dilihat.


Lemari dapur tersedia dengan ukuran Panjang 76 cm, lebar 51 cm, dan tinggi 115, 5 cm. Ada 2 pilihan warna klasik yang dipilih yaitu coklat dan cream.


3. Meja Sofa Plastik Olymplast Sofa Table Motif Rotan dengan Kayu

Meja ini menghadirkan design yang minimalis tapi tetap menawan dengan motif rattan disekelilingnya. Design semakin menarik karena bagian permukaan atas meja ada tekstur kayu.



Tidak perlu khawatir, meja ini sangat kuat, kokoh, dan tahan dengan beban berat.

Teman-teman bisa memilih beberapa varian warna yaitu coklat muda, coklat tua, cream, dan putih. 

4. Kursi Plastik Olymplast Motif Sandaran Rotan

Rumah zaman dahulu, sering aku temui memiliki design dengan ukiran atau motif tertentu. Contohnya motif anyaman, rotan, atau ukiran berkelok-kelok.

Nah, teman-teman bisa menghadirkan kursi khas zaman dulu tapi dipadupadakan dengan gaya modern dengan kursi plastik Olymplast Motif Sandaran Rotan.

Source : https://olymplast.co.id

Motif rotan selalu mengingatku akan kursi mbahku dulu. Nah, sekarang bisa aku jumpai dengan gaya baru menggunakan bahan plastik.

Kursi ini kuat dan kokoh dengan dudukan yang pas sehingga menambah kenyamanan kita sebagai pengguna. Kursi ini juga mudah dibawa dan ditumpuk, jadi kalau misal di rumah sedang banyak tamu, nggak perlu ribet lagi.

Tentu masih banyam produk Olymplast yang lain. Teman-teman bisa kunjungi di official website. Jika kalian ingin update seputar Olymplast di sosial media, kalian bisa kunjungi di instagram Olymplast. 

Ternyata mendesign rumah impian itu menjadi hal yang menyenangkan bagiku. Memilih gaya design adalah cara tepat merawat memori dan membangkitkan kenangan lama.


~OoO~

Penutup

Bagi yang terbawa suasana setelah membaca artikel ini, diharapkan jangan sampai nangis ya, hehe. Teman-teman tetap bisa mengenang gimana suasana rumah kakek nenek dengan mewujudkan rumah impiannya sendiri, kok.

Olymplast hadir sebagai solusi kebutuhan perabot rumah tangga dengan bahan baku plastik untuk mempercantik dan merapikan rumah impian teman-teman.

___

Tulisan by me (felorasa.com)


Sumber tulisan :

Pengalaman pribadi

https://olymplast.co.id/

httla://kbbi.web.id/rumah.html


Sumber gambar:

Canva dan adobe photoshop

https://instagram.com/anak90anpastitau

Olahgrafis : felorasa.com










Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done