Kesan dan Pencapaian Setelah 1 tahun Jadi Blogger - felorasa
News Update
Loading...

Minggu, 26 Desember 2021

Kesan dan Pencapaian Setelah 1 tahun Jadi Blogger


Pada november 2021 lalu adalah tepat 1 tahun aku menjadi blogger. felorasa.com adalah nama web yang aku pilih dari beberapa opsi nama yang ada. Nah, arti felorasa sendiri diambil dari penggabungan kata felora (bunga) dan rasa.

Bagi pemula dan awam sepertiku, pembuatan blog ini butuh waktu lama. Hampir setengah tahun sendiri untuk menghadirkan blog ini.

Aku belajar dari mulai membuat akun, beli domain, pemasangan domain, ganti template, hingga cara pengoperasian blog nya. Dulu tahun 2012 memang aku pernah bikin blog tapi hanya sebatas mengerjakan tugas kampus dan posting2 saja.

Nah, baru 2020 aku mulai belajar lagi menekuni dunia blog. Aku belajar dari para blogger senior yang ada di internet. Alhamdulillah, dengan ikutin tutorial mereka, aku bisa bikin blog felorasa.com dengan artikel pertama yang berjudul Akhirnya positif hamil dengan 6 cara progam hamil ini yang aku publish pada 28 November 2020.

Alasan aku memulai ngeblog lagi karena aku ingin produktif dan ingin mencoba hal baru. Kebetulan, aku juga seneng menulis. 

Harapanku, jika suatu saat aku udah tua dan nggak lagi di dunia ini, aku berharap blogku masih tetap ada. Semoga setiap artikel yang aku tulis bermanfaat untuk semuanya dan bisa jadi amal jariyah kelak. Aamiin. 


Dapat apa setelah 1 tahun ngeblog?

Semenjak aku ngeblog, aku dapat banyak sekali hasil. Hasil ini nggak melulu soal uang tapi lebih dari itu, aku dapat pengalaman yang nggak aku dapat sebelumnya.

#1. Jadi Obat Penghilang Stress

Menulis bagiku jadi healing yang ampuh. Saat diriku bosan atau ngerasa lagi down, aku menghibur diri dengan menulis. Nggak banyak orang yg bisa ungkapin hal secara langsung di hadapan banyak orang. Melalui blog, aku bisa mengekspresikan apa yang dirasa dengan percaya diri.

#2. Mendapat Teman Baru

Aku memang sengaja bikin akun medsos baru khusus untuk blogku. Alhamdulillah, aku bisa kenal dengan para blogger yang keren-keren. Selain itu, aku banyak belajar dari mereka. 

#3. Mendapat Tambahan Penghasilan

Kebetulan aku belum pasang google ads, jadi saat ini belum dapat gaji apapun dari ads. Tapi untuk tambahan penghasilan, aku coba ikut dari lomba blog. Nggak nyangka berkesempatan menang. 

Uang hasil dari lomba blog, aku gunain untuk beli template (tapi belum ku pasang). Uang juga aku gunain buat nutup pengeluaran beli domain waktu awal bikin blog dan perpanjangan domain haha. Sisanya di tabung. Kalau temen-temen ingin baca saat aku menang lomba blog, bisa baca di link ini ya. 

#4. Jadi Semangat Mengupgrade diri

Blog juga jadi media untuk aktualisasi diriku dalam melatih keterampilan dan kreativitas menulisku.

Kalau dulu, mungkin hanya sekedar nulis aja ya. Sekarang, aku banyak belajar mengeksplor dan mengembangkan lebih jauh.

Contoh lomba blog. Disitu aku harus menunjukkan kemampuan menulisku dengan lebih baik dibandingkan saat aku post artikel organik. kalau bisa harus unik dan beda dengan yg lain (walaupun aku sering kalah). Nggak hanya menyajikan artikel aja, tapi juga olah grafis dan video penunjangnya.

#5. Artikel Ada Yang Page One

Nggak nyangka, beberapa artikel yang ku buat bisa berada di page one. Contohnya pada artikel review shopee games dan review krim natasha, serta beberapa artikel lomba blog. Tahu akan hal itu, ntah kenapa rasanya seneng banget. Aku jadi makin termotivasi buat posting artikel yang bermanfaat lainnya.

#6. Blogger Senior Ada yang Meniru Tulisanku

Aku nggak tau ini sebuah pencapaian apa nggak haha. Tapi beneran ini nggak terduga, sih. Aku malah jadi bingung harus seneng apa gimana. Ada seorang blogger senior yang meniru tulisanku. Bahkan kalimatnya persis dan urutan perpoint pun sama. Hal ini menyadarkan aku bahwa blogger senior pun masih bisa terinspirasi oleh tulisan blogger lain yang pemula hehe. 



Harapanku untuk tahun 2022

Selama 1 tahun ini, aku cukup puas dengan pencapaianku meskipun masih belum sekeren para blogger yang lainnya. Tapi ntah kenapa aku seneng. Ngeblog itu ternyata mengasyikkan.

Harapanku untuk tahun 2022 ada 5 dan aku berharap mencapai target tersebut.

#1. Nggak Males Menulis

Semoga tahun 2022 nanti, aku bisa menulis secara rutin. Semoga rasa malas dalam menulis ini hilang haha. Paling nggak 1 minggu bisa 2 atau 3 artikel bisa aku publish aamiin. Jujur 1 tahun ini, aku cuma bisa post 1 sampai 3 artikel dalam 1 bulan haha.

#2. Pasang template impian

Sebenarnya aku udah beli template tapi masih ragu-ragu pasangnya soalnya takut trafik blog menurun dan blog berantakan. Aku belum nemu trik ganti template secara benar karena aku masih bingung. Kalau temen-temen ada solusi, bisa komentar di bawah ya.

#3. Rutin ikut lomba blog

Satu tahun ini, aku memang hanya ikut beberapa lomba blog saja karena aku pilih sesuai kemampuanku. Harapannya di tahun 2022, aku harus lebih meningkatkan kemampuan menulisku melalui lomba blog tersebut. Kalah pun nggak masalah (kalau menang alhamdulillah haha). Apalagi kalau tulisan yang kita post dibaca/di komen oleh blogger senior itu ada kebanggaan sendiri.

#4 Bisa Menulis Lewat Laptop

Selama ini aku mengedit dan menulis lewat handphone. Memang agak susah sih tapi nyantai juga soalnya bisa nulis sambil tiduran. Sebetulnya saya diberi pinjaman laptop tapi laptop memang aku pergunain buat nggarap tugas. Tapi semoga tahun 2022 nanti, saya diberi rezeki untuk beli laptop khusus buat blog hehe.

#5 Pasang Google Ads

Saya memang sedikit ragu untuk memasang google ads untuk iklan karena takut jika mengganggu pengunjung yang membaca artikel. Kedua, saya takut kalau iklan yang muncul itu iklan yang aneh-aneh padahal iklan keluar disesuaikan dengan yang sering dibuka oleh pengunjung ya. Nah, itu yang aku khawatirkan. Tapi saya juga penasaran untuk mencoba memasang google ads di blog hehe. 


-OoO-

Penutup

Demikian, sedikit celotehku mengenai pengalaman ngeblog selama 1 tahun. Yang aku rasakan sih, banyakan enak nya daripada nggak enaknya hehe. Bener-bener asyik!

Nah, di tahun 2022 semangatku membara banget. Semoga harapan-harapanku seperti yang ku tulis di atas, bisa terlaksana. Aamiin.

Temen-temen ada pengalaman lain? Kalau ada, bisa sharing di komentar di bawah ini ya.


Baca juga : Pengalaman Pertama Kali menang Lomba Blog



Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done