Pengalamanku Tersangkut Duri Ikan di Tenggorokan dan Cara Mengatasinya - felorasa
News Update
Loading...

Rabu, 20 Juli 2022

Pengalamanku Tersangkut Duri Ikan di Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

Masalah duri nyangkut ternyata bikin stress juga ya bun wkwk.

Apesnya, aku udah 2x kena duri nyangkut. Pertama, pas kuliah dulu sampai ditangani dokter THT. Nah, yang kedua baru kemarin ini kena pas habis makan ikan asin.

Menurutku kesangkut duri ini, nggak bisa dianggap sepele karena kalau nggak ditangani, bisa jadi lebih buruk.


Ke Dokter THT Buat Keluarin Duri Ikan Wader

Eh sumpah, ini kesangkut duri yang paling nggak enak.

Saking nikmatnya makan empis-empis ikan wader lombok ijo wkwk. Nggak sengaja malah durinya ikut ketelan dan nyangkut di tenggorokan.

Langsung panik dong

Segala macam cara aku lakuin biar duri ini nggak nyangkut. Dari minum air putih, pisang, makan nasi kepal, minum air garam sampai makan nasi ketan. Tapi nggak ada yang berhasil, bun.

Kata emak, jangan dipikir nanti hilang sendiri. Tapi nggak semudah itu, kan. Makin kerasa, makin kepikiran.

Gimana rasanya kena duri ikan? Kok sampai ke THT?

Awal awal sih aku cuma rasain rasa nggak nyaman di tenggorokan. Rasanya pengen ambil pakai jari tangan terus di obok2 gitu. Tapi malah pengen muntah.

Makin lama kok badan jadi nggreges demam. Badan lemes. Amandelku juga radang. Jadi kalau ngaca, amandel ku besar sebelah. Susah buat nelen makan sama minum juga. Bahkan buat nelen ludah sendiri juga sakit banget. Jadi kalau nelen, telinga kayak ikut sakit juga.

Bikin ngelu juga bun. Ting srenut tekan sirah, kalau kata ku mah wkwk

Waktu itu aku beneran nggak kuat karena beneran ganggu aktivitasku. Padahal udah minum paracetamol sama asam mafenamat. Tapi tetep ngrasa nggak nyaman.

Akhirnya aku ke THT, deh.

Gimana rasanya di dokter THT nya?

Aku sama sekali nggak takut apa gimana. Udah pasrah, nurut aja soalnya ketusuk duri bikin stress haha.

Jadi aku harus buka mulut lebar. Dokter pakai alat-alat tertentu buat cari durinya. Itu carinya lumayan lama soalnya nggak ketemu-ketemu. Posisi durinya juga nggak kelihatan. 

Dokter sempat bilang nggak ada. Tapi alhamdulillah dicari lagi durinya bisa diambil, dong. Ternyata kecil banget. Tapi rasanya sampai bikin meriang wkwk.

Setelah durinya diambil, beneran badan jadi enak. Buat nelen juga enak. Amandel juga nggak radang lagi. Plong beneran.

Dokter juga nggak resepin obat. Soalnya aku ngrasa udah enakan. Di rumah juga masih ada obat. Untuk biaya nya lumayan juga bun meski cuma ambil duri tapi emang dokter penyelamat banget.


Atasi Duri Ikan Asin nyangkut Tanpa ke Dokter THT

Selang beberapa tahun udah nggak rasain kesangkut duri lagi. Eh, di tahun ini malah kena lagi gara-gara makan ikan asin.

Pas aku makan ikan asin itu, aku sadar sih kalau durinya tajem-tajem. Tapi ya takdir kena lagi hahaha.

Nggak seperti sebelumnya, sih. Kalau duri yang kali ini nggak bikin aku demam atau sakit pas nelen. Tapi aku ngrasa nggak nyaman karna amandelku jadi besar. Kalau aku gerak-gerakin lidah ke amandel, kayak ada duri yang nusuk disitu.

Aku coba makan dan minum terus harapannnya biar durinya ikut kebawa. Selang 2 hari, durinya tiba-tiba hilang gitu aja setelah aku makan rengginang di kantor.

Mungkin pas dulu, duri nya terlalu dalam nusuknya dan posisinya yang susah. Kalau yang baru-baru ini mungkin karena nggak terlalu dalam dan posisinya gampang hehe.

__


Apakah Kapok Makan Ikan?


Ikan tetap jadi favorite ya, bun. Apalagi empis-empis ikan lombok ijo kesukaanku. Ibukku pengalaman aku kesangkut duri, jadi tiap masakin ikan pasti ikannya di presto dulu biar durinya lunak. 

Tapi pelajaran juga. Kalau makan jangan buru-buru. Jangan sambil bicara. Usahakan dalam keadaab ruangan yang terang. Karna rentan duri nyangkut, tiap makan ikan harus lebih fokus. Menurutku kalau makan ikan, mending diambilin pakai jari tangan langsung biar sambil dipilih-pilih hehe


Pembaca sekalian apakah pernah kesangkut duri juga? Kalau pernah bisa sharing di kolom komentar di bawah ya.

Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done