Yuk, Jadi Ibu Bahagia! Bersama Popmama Parenting Academy 2021 - felorasa
News Update
Loading...

Selasa, 16 November 2021

Yuk, Jadi Ibu Bahagia! Bersama Popmama Parenting Academy 2021


"Yakinkan dalam diri bahwa jalan bahagia dapat kita wujudkan tanpa harus menjadi seorang supermom yang tanpa cela, justru sebaliknya cukup menjadi original mom lengkap dengan segala kekurangannya namun kita percaya dengan kekuatan super milik Allah, maka keluarga sukses yang bahagia dapat kita wujudkan" (Rena Puspa, Buku Bahagia Ketika Ikhlas)

_______

Happy mom, Happy Family. Keluarga bahagia bermula dari ibu yang bahagia. Mungkin ungkapan ini memang benar adanya karena stres yang ibu alami dapat “menular” ke anggota keluarga lainnya terutama ke anak.

Memang praktek nya nggak mudah. Perasaan senang, bahagia, sedih, stress, jengkel, atau marah, datang tak menentu seiring dengan kesibukan ibu sehari-hari. 

Ditambah lagi, seorang ibu sering dipatok dengan standar lingkungan sosial yang ada sehingga rentan terkena stress, baby blues, postpartum depression, dan mom shaming. Ibu juga bisa mengalami kecemasan karena terbebani dari "ekspetasi" untuk selalu jadi ibu dan istri sempurna dari orang lain. Kegagalan memenuhi ekspektasi dari luar tersebut bisa membuat seseorang terpuruk secara mental.

Seorang ibu juga sering kali dituntut untuk memberikan seluruh dirinya tanpa peduli bahwa ibu juga butuh ruang dan waktu untuk dirinya sendiri. Terkadang orang mengharapkan ibu bisa menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan sempurna padahal ibu juga manusia biasa sama seperti yang lain.

Ibu capek?

Bukan kesalahan jika ibu merasa capek dan lelah karena ibu bukan robot. Tapi yang saya pahami, ibu adalah sosok kuat, meskipun saat ini terpuruk, ibu mau bangkit dan lebih kuat lagi.


Pentingnya Ibu Bahagia

Kenapa ibu harus bahagia? Ibu yang mengalami stres dan merasa nggak bahagia, emosinya akan menjadi nggak stabil, dan bisa saja nggak responsif terhadap kebutuhan anak. Padahal keberhasilan pola asuh dan pendidikan karakter anak di mulai dari ibu yang bahagia.

Stress pada ibu bukan hal sepele, loh. Saat ibu nggak bisa mengelola stres dengan baik, ada kemungkinan melampiaskan emosinya kepada anak dengan cara kurang sehat. Saya pun pernah, waktu itu saya pernah melampiaskan mood saya yang kurang baik ke anak dan suami gara-gara saya lama nggak bisa mudik ketemu orang tua. Ternyata efek stress yang ditimbulkan nggak main-main, bukan hanya ke diri sendiri tapi juga ke keluarga. 


Menurut Erlanger A. Turner, psikolog klinis dan asisten profesor Psikologi dari University of Houston-Downtown, menuliskan di Psychology Today, dari studi terdahulu ditemukan bahwa orang tua yang stress berkemungkinan menjadi otoriter, kasar, dan berinteraksi secara negatif dengan anaknya. Stres ini pula yang bisa menyebabkan berkurangnya kualitas hubungan/relasi antar orang tua dan anak.

Lalu, bagaimana cara ibu agar bahagia? Definisi bahagia seorang ibu berbeda-beda. Jika ditanya bahagia itu apa, jawaban tiap ibu belum tentu sama. Kalau menurut saya pribadi, bahagia itu ketika hati dan pikiran sama-sama tenang dan damai. Ibu bahagia itu yang dapat menikmati setiap proses dengan ikhlas, syukur, dan tanpa beban sehingga terpancar aura bahagianya.

Tapi gimana caranya?

✓Berdamai dengan diri sendiri

Kita mungkin berpikir bahwa kedamaian itu hanya bisa didapatkan ketika nggak ada masalah, padahal nggak demikian. Setiap orang pasti punya masalah.

Menurut saya, agar kita bisa tenang dan damai, fokus untuk mengendalikan apa yang bisa kita kendalikan dulu dengan mengurangi memikirkan suatu hal di luar kemampuan kita. Misalkan berhenti untuk memikirkan hal yang belum tentu terjadi.

✓Mencari support system yang sehat

Salah satu cara memperoleh kedamaian adalah support system yang baik dan sehat. Sekuat apapun ibu, pasti tetap membutuhkan support system. Kehadiran dan dukungan positif dari anak, pasangan, dan orang tua bisa menjadi penguatnya.

Nggak hanya support dari keluarga saja, dibutuhkan juga hadirnya sebuah tempat untuk saling berbagi dan mendukung antara sesama ibu. Wadah/tempat tersebut bisa menjembatani ibu jika ingin berbagi pengalaman, saling belajar, curhat, maupun konsultasi dengan ahlinya. 

Nah, kebutuhan para ibu milineal akan informasi mengenai masalah parenting, pola asuh, pendidikan anak, hingga permasalahan sehari-hari tersebut akan terjawab semua di Popmama Parenting Academy 2021 yang diselenggarakan besok tanggal 1 sampai 31 Desember 2021 secara virtual/online.


Apa Itu Popmama Parenting Academy 2021?

Teman-teman, pasti sudah nggak asing lagi dengan popmama.


Popmama.com adalah media parenting Indonesia yang diperuntukkan untuk ibu milenial dengan visi menjadi ‘Parenting Guide for Millennial Mama’. Visi tersebut menjadikan Popmama.com sebagai media yang dapat mengerti kebutuhan para Ibu milenial di era modern seperti ini.

Seperti yang kita tahu, konten yang disajikan Popmama.com selalu up to date, edukatif, dan relevan dengan kehidupan kita sehari-hari seputar pernikahan, kehamilan, pola asuh, keluarga, hingga gaya hidup.

Popmama.com juga mengerti akan kebutuhan kita sebagai ibu dan memahami pentingnya support system yang kuat bagi orang tua. Itulah yang menginspirasi dihadirkannya Popmama Parenting Academy.

Popmama.com menghadirkan para ahli untuk berbagi pengetahuan mengenai Parenting. Wah, bisa jadi kesempatan bagi kita para ibu pembaca Popmama.com untuk saling berkenalan sekaligus berbagi pengalaman. Tentunya bisa jadi rumah kedua kita untuk saling bercerita, ya. 

Di tahun ini Popmama Parenting Academy (POPAC) hadir kembali secara virtual pada 1 sampai 31 Desember 2021 dengan mengusung tema Parents support parents


Apa saja sih di Popmama Parenting Academy 2021? Hebatnya popmama, acara Popac tetap berlanjut dan nggak berhenti meskipun masih ada pandemi. Pada tahun 2020 lalu, POPAC diselenggarakan secara online, begitu pun tahun ini. Konsep yang diusung tentu akan lebih beragam dan mengasikkan. 

Beragam ilmu parenting akan dihadirkan untuk orang tua melalui webinar/online class, kuliah WhatsApp, Content series, Community Awards, hingga Popmama Little Star 2021. Dihadiri pula oleh berbagai narasumber yang ahli seperti psikolog, dokter, hingga orangtua milenial yang siap berbagi pengalaman dan tips seputar parenting. 


Manfaat Popmama Parenting Academy 2021

Kurang dari 1 bulan, Popmama Parenting Academy 2021 akan segera dimulai. Yuk, simak beberapa manfaat yang akan teman-teman dapatkan dari POPAC 2021 ini.

✓Menambah Wawasan dan Mengurangi Stress
Event Popmama Parenting Academy 2021, tentu nggak kaleng-kaleng karena akan mendatangkan banyak narasumber yang ahli, terpercaya, dan berpengalaman. Sehingga kita akan  mendapat ilmu baru yang berguna nantinya. Beberapa narasumber antara lain : Vera Itabiliana, S.Psi, Dr. Marlyn Cecilia Malonda, SP.A, Rista Zwestika Reni, S.Sos. AWP CFP, dan masih banyak yang lainnya.

Teman-teman juga bisa bertemu dengan mama milenial lain yang siap berbagi cerita dan dukungan. Jadi bisa saling mendapat dan memberi kebahagian.

Kalau yang di rumah sedang ada masalah dengan suami, yang pusing karena perbedaan pola asuh dengan orang tua, atau masalah lain, bisa dicoba ajak suami dan orang tua untuk ikut berpartisipasi. Barangkali saja tiap masalah yang sedang dialami, bisa menemukan solusinya melalui event POPAC 2021 ini.


✓Menemukan dan Menggali Bakat Terpendam Anak

Si kecil pintar menari? Menyanyi? Berakting? Modelling? Atau bakat yang lainnya? Bakat-bakat itu bisa banget untuk digali. Nggak ada salahnya juga kok, ibu turut membantu anak untuk mengeksplorasi bakat anak  supaya makin terasah.

Si kecil bisa coba mengikuti ajang Popmama Little Star 2021 dari rumah. Yuk, abadikan momen unjuk bakat si kecil kemudian upload di akun instagram/tiktok. Periode pendaftarannya diperpanjang hingga 4 Desember 2021. Ada hadiah menunggu juga, loh. Selengkapnya, teman-teman bisa membaca syarat dan ketentuan Popmama Little Star 2021 di link yang saya cantumkan, ya.


✓Meningkatkan Rasa Peduli dan Support Antara Sesama Orang Tua
Sejalan dengan tema dari event Popmama Parenting Academy 2021, yaitu “Parents Support Parents”, maka popmama menjembatani para orang tua untuk saling belajar dan saling mendukung satu sama lain.

Terkait hal itu, ada rangkaian baru nih namanya Community Awards yaitu ajang apresiasi kepada komunitas yang sudah berusaha mengedukasi serta memberikan dampak positif ke masyarakat. Ajang ini terdiri dari dua ketegori yaitu Educative Community dan Supportive Community. Educative community contohnya pendidikan seputar ibu anak, pendidikan anak usia dini, dll. Sedangkan supportive community contohnya dukungan kerukunan, inklusi, demokrasi di masyarakat, dukungan perlindungan ibu anak, dll.  Selengkapnya bisa diakses di link ini ya.

Ada juga nih,

Teman-teman juga bisa ikut berpartisipasi dalam acara donasi untuk anak yang yatim piatu. Seluruh dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19.

Yuk, kita berpartisipasi dalam penggalangan dana yang diadakan oleh Popmama Parenting Academy 2021 dengan melakukan donasi di link ini: https://kitabisa.com/campaign/popmamabantuyatimcovid


Belajar Dimana Saja Bersama POPAC 2021

Selain acara di atas, Popmama.com juga meluncurkan buku panduan pengasuhan generasi pandemi melalui format e-book yang nantinya bisa diunduh di web popmama.com. Buku panduan yang menggunakan e-book, menurut saya sangat praktis karena:

  • cukup klik dan geser layar gadget, sudah bisa untuk belajar kapanpun dan dimanapun
  • Secara nggak langsung, popmama juga mengajak teman-teman untuk ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan karena tanpa menggunakan kertas.

Selain itu, penyusunan bukunya pun mengundang para pakar berpengalaman dan ahli di bidangnya antara lain: psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, M.Psi dari Tiga Generasi dan psikolog Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHP.Ed, peneliti dari Puskapa Universitas Indonesia Ni Luh Putu Maitra Agastya, dokter spesialis anak dari RSPI Puri Indah dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, dan penasihat keuangan dari Finansialku Rista Zwestika S.Sos AWP CFP.

Nggak hanya para ahli, penyusunan materi buku juga dibantu oleh para pembaca Popmama yang tergabung di dalam Komunitas Popmama.com. Mereka memberi ide, masukan, dan pengalaman selaku orang tua di era pandemi ini.

Wah, bikin penasaran ya. Terkait kapan rilisnya, tunggu informasi selanjutnya di popmama.com


~oOo~


Yuk, Jadi Ibu Bahagia Bersama POPAC 2021

Ada pepatah mengatakan "Surga di telapak kaki ibu" menggambarkan betapa mulianya dan besarnya pengorbanan seorang ibu, mulai dari mengandung, melahirkan, hingga merawat sang anak penuh cinta hingga anak tumbuh dewasa.

Dalam prosesnya memang nggak selalu mudah. Tapi yang jelas, jika ingin keluarga bahagia maka ibu harus bahagia dulu. Salah satu cara memperoleh kebahagiaan itu yaitu mencari support system yang baik, sehat, dan mau ikhlas mendukung.

Yuk, jadi ibu bahagia bersama Popmama Parenting Academy 2021! Acara akan dimulai dari tanggal 1-31 Desember 2021 secara online. Temukan banyak support, ilmu, hiburan, dan keseruan lainnya di POPAC 2021!

Informasi selengkapnya kunjungi : 

Instagram : @popmama_com / @popmama.parenting.academy

Twitter : Popmama_com

Youtube : POPMAMA

Website : popmama.com



_____

Olah grafis : felorasa.com

Sumber informasi : 
1. popmama.com
2. Turner, Erlanger.2013. diases dari
https://www.psychologytoday.com/blog/the-race-good-health/201306/4-tips-managing-parenting-stress

Share with your friends

14 komentar

  1. Anakku 3 thn boleh ga ikut popmama little star?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal 7 tahun, selengkapnya bisa cek di link yg saya tautkan kak 😅

      Hapus
    2. Pdhl anakku bakat bgt.
      Pdhl masih umur 3 thn

      Hapus
  2. Yg bikin sulit berdamai dgn diri sendiri itu gara2 orang sekitar aslinya. Sulit mencari support system itu karena banyak pihak yg ngrasa paling bener. Trs kalau udah ngrasa paling bener, biasanya ngrasa bangga trs bikin ngrusak suasana hati ibu

    BalasHapus
  3. detailnya,, bisa jadi bahan masukan buat orang tua muda

    BalasHapus
  4. bapak2 pun kudu bahagia, ga cuma ibu2 hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget wkwk. Semua harus bahagia.

      Bpk2 juga boleh ikutan popmama.

      Hapus
  5. bund bisa minta kontak buat tanya2 ttg gambarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambar dan ilustasinya sesuai isi tulisannya

      Hapus
    2. Kalau kontak, bisa lewat email saya saja kak.

      Makasih telah mengunjungi blog saya 🙏

      Hapus

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done