Makanan dan vitamin sehat untuk progam hamil sukses - felorasa
News Update
Loading...

Minggu, 29 November 2020

Makanan dan vitamin sehat untuk progam hamil sukses


Di post sebelumnya, saya sudah share di artikel perjuangan ketika LDM dan tips progam hamil ala Bunda Ulfa. Dan kali ini saya share tentang makanan dan vitamin yang saya konsumsi selama progam hamil. Disimak ya...


1. Vitamin E

Seperti yang kalian tahu, selain untuk kesehatan kulit, vitamin E juga bisa untuk meningkatkan kesuburan, baik wanita dan pria. Vitamin E bisa ditemukan di sayuran hijau, buah atau kacang kacangan. Tapi karena saya tidak tahu jumlah vit yang masuk di tubuh berapa, jadinya saya konsumsi suplemen. 

Vitamin E yang pernah saya konsumsi antara lain Ever-E 250, NaturE 100IU, dan SantaE. Tapi lebih seringnya saya minum yang Natur-E atau Santa-E. Tidak hanya saya yang rutin konsumsi loh, suami pun juga minum (walaupun suka males) haha. Saya minum vitamin E ini tiap menjelang tidur 1 x sehari. 

Suplemen ini mudah didapat kok bun. Di apotek juga ada.

Note penting : vitamin E tidak boleh melebihi dosis tertentu, jadi jangan berlebihan ya bun. Bunda bisa konsultasi dulu ke dokter sebelum konsumsi.


2. Asam folat

Asam folat penting sekali untuk dikonsumsi. Manfaat asam folat salah satunya untuk mengurangi resiko cacat lahir pada bayi. Makanya saya tidak mau melewatkan untuk konsumsi asam folat ini. 

Banyak sekali merk suplemen asam folat yg bisa bunda pilih. Kalau saya sendiri konsumsi folavit 400 ug.

Asam folat ini rutin saya konsumsi semenjak sebelum nikah tepatnya ketika saya suntik TT pranikah. Suplemen vitamin E ini juga mudah didapat, di apotek juga ada. 

Note Penting : tetap harus konsultasi ke dokter dulu yah untuk konsumsi suplemen asam folat ini.


3. Parijoto

Bagi orang kudus sudah tidak asing dengan buah ini karena dipercaya bisa meningkatkan kesuburan. Selain itu, konon bisa membuat bayi lahir cantik dan ganteng (kata temen-temen di kudus) hehe. Saya pertama kali membelinya ketika ziarah ke makam Sunan Muria. 

Buah nya warna merah seperti anggur tapi kecil-kecil dan rasanya sepet. Bisa dimakan langsung atau dibikin rujak. 

Tapi karna ribet makannya dan juga beli nya jauh, jadi saya beli yang bentuk sirup. Yang sirup ini sudah ada rasa manisnya. Biasanya saya ambil 2 sendok sirup dilarutkan di 1 gelas air hangat. Kalau sudah diseduh air, tidak terlalu manis. Pas manisnya.

Dimana belinya? sirup, saya belinya di outletnya langsung. Tapi banyak kok dijual online. Search saja sirup parijoto, nanti tersedia berbagai ml.

baca juga : tips cara dukungan suami untuk promil (pengalaman pribadi)


4. Madu murni

Biasanya saya seduh dengan air hangat. Tetapi konsumsinya tidak setiap hari karna saya selang seling dengan parijoto. Suami pun juga minum madu biar stamina kuat hehe. 


5. Makanan bergizi lainnya

Contoh nya telur, kacang kacangan, ikan, buah buahan, daging, sayur hijau, dll. 

Untuk makanan sehari-hari, saya masak sendiri dan jarang beli lauk di luar. Kalau beli di warung biasanya menu nya itu itu saja. Tapi kalau masak sendiri, menu bisa ganti-ganti dan tentunya makanan lebih higienis. Mau tahu menu masakanku apa aja tiap hari? Kapan kapan saya share yah haha. 

Oh ya, saya juga mengurangi konsumsi asupan gula misal yang manis manis. Selebihnya minum air putih. Ya intinya kalau berlebihan, nggak baik juga di tubuh.

Jujur, moodboosterku itu makanan dan saya doyan banget makan apalagi ngemil. Tapi saya memang tidak memaksakan diri untuk membatasi jajan. Takutnya malah bikin stress kalau terlalu spaneng haha. Kalau kepengen makan martabak ya saya beli. Kalau pengen pisang goreng saya juga beli. Tapi tetep dalam tahap wajar.


 -OoO-

Itulah makanan dan vitamin yang saya konsumsi selama masa progam hamil. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

"Tetap berusaha karena usaha tidak menghianati hasil"

Jika ayah bunda juga punya makanan andalah untuk progam hamilnya, bisa share  di kolom komentar di bawah iyah. Terimakasih.


Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done