Review MS Learning and Grow, Tes Sidik Jari untuk Mengenal Lebih Dalam Karakter Anak - felorasa
News Update
Loading...

Selasa, 21 Juni 2022

Review MS Learning and Grow, Tes Sidik Jari untuk Mengenal Lebih Dalam Karakter Anak


Adakah cara untuk mengetahui karakter anak-anak kita? Apakah betul tes sidik jari bisa mengetahui karakter anak? Nah, di artikel ini saya akan sharing pengalaman menggunakan MS Learning and Grow, aplikasi yang dapat mendeteksi kepribadian dan potensi diri pada anak melalui sidik jari.

_____

Pernah nggak sih merasa kewalahan dengan tingkah laku anak yang nggak ada habisnya? Pasti rasanya pusing, ya. Saya pun pernah. Sebagai seorang ibu baru, saya pernah merasa bingung dengan tingkah laku anakku yang naik turun. Tanpa sadar saya pernah membandingkan anak dengan anak teman-teman saya terutama terhadap anak yang anteng, nurut, dan nggak rewel.

Padahal tiap anak dilahirkan dengan karakter berbeda. Treatment dan pola asuhnya pun berbeda. Saya menyadari justru saya yang harus belajar memahami dan mencari pendekatan yang sesuai dengan karakter pribadi anakku. Dengan mengenal pribadi anak secara mendalam tentu akan bisa membantu kita menyesuaikan pola asuh yang tepat.

Melalui tes sidik jari di MS Learning & Grow, saya ingin mengetahui bagaimana karakter anak sehingga saya bisa menyesuaikan pola asuh yang tepat.


MS Learning & Grow, Bantu Mengenali Karakter dan Potensi Diri Melalui Sidik Jari


Sidik jari adalah kumpulan garis yang terbentuk di permukaan kulit jari-jari tangan bagian dalam. Sidik jari ini unik karena setiap orang mempunyai pola yang berbeda. Jadi andaikata seseorang mengubah bentuk wajah, ganti nama, jenis kelamin, maupun identitasnya secara keseluruhan, sidik jari tetap mampu menjadi penanda yang otentik.

Nah, sejauh ini belum ditemukan ada dua orang memiliki sidik jari yang sama. Bahkan, kembar identik pun memiliki perbedaan sidik jari meski informasi genetik atau DNA di tubuh mereka hampir semuanya sama. Beberapa informasi mengatakan bahwa sidik jari bisa menggambarkan kepribadian diri kita, loh.

Bicara mengenai sidik jari tersebut, MS Glow telah menghadirkan layanan aplikasi bernama MS Learning and Grow.

MS Learning and Grow adalah sebuah layanan terintegrasi yang berfokus mengoptimalkan pemberdayaan diri. Aplikasi ini memiliki beberapa layanan seperti Fingerprint Psychologichal Profiling untuk membantu pengguna mengetahui bakat dan profil psikologis berdasarkan karakteristik DISC.

Apa itu DISC?

DISC pertama kali dikembangkan oleh psikolog dari Harvard University, William Moulton Marston pada tahun 1920. Kepanjangan DISC yaitu Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Pada keempat karakter DISC ini, kita akan memperoleh gambaran tentang bagaimana seseorang bersikap dalam situasi atau lingkungan tertentu. 

#1 Dominance (D)

Tipe dominance memiliki ciri individu pengambil risiko, ambisius, tegas, mandiri, dan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang cukup baik.

#2 Influence (I)

Tipe influence ini memiliki kepribadian yang antusias, ekspresif, dan optimistis. Umumnya suka menjadi pusat perhatian, suka berbicara, dan punya kemampuan persuasif untuk memengaruhi orang lain.

#3 Steadiness (S)

Steadiness adalah tipe kepribadian yang stabil, seorang pendengar yang baik, penyabar, loyal, mudah ditebak, hangat, bersahabat, serta peka terhadap situasi dan sikap orang lain. 

#4 Compliance (C)

Kepribadian ini punya kemampuan analitis yang kuat, menaruh perhatian pada hal-hal yang detail, bekerja secara akurat, berpikir sistematis, dan punya standar kerja yang sangat tinggi. 

Melalui tes sidik jari ini, kita dapat melihat hubungan antara pola sidik jari dengan belahan otak yang dominan sehingga kita akan dapat mengetahui karakter dan potensi nya. Oh iya, tes ini telah diuji pada 350.000 subyek dengan tingkat akurasi 87.5%.


"Apa saja manfaat tes sidik jari bagi orang tua dan anak?"


Tentu saja mengetahui potensi diri seseorang, dalam hal ini anak. Dengan melakukan tes sidik jari tersebut, maka kita bisa mengetahui karakter kepribadian, mengetahui kecenderungan karakter, potensi peta kecerdasan anak, mengetahui pandangan dalam menganalisa anak untuk merencanakan masa depan anak, dan mengoptimalisasikannya.

Tapi sebelum saya membagikan hasil analisanya, kita kenalan dulu yuk dengan fitur-fitur di aplikasi MS Learning and Grow.

Beberapa fitur dari aplikasi MS Learning and Grow diantaranya :

#1 Analisis profil psikologi menggunakan sidik jari

Pengguna bisa mengetahui/mengenali potensi diri dengan tes sidik jari. Cukup tes di rumah saja tanpa harus repot-repot keluar rumah. 

#2 Laporan Profiling Psikologi

Pengguna bisa mengetahui secara lengkap hasil analisa sidik jari dimulai dari karakter diri, bakat, rekomendasi karir, gaya belajar, hingga cara berkomunikasi. Laporan bisa dibaca dengan pdf yang terdapat di aplikasi.

#3 Konsultasi dengan ahlinya

Fitur ini memberi kesempatan para pengguna untuk berkonsultasi dengan ahlinya melalui zoom meeting.

#4 Tes gratis extrovert atau introvert

Disini kita bisa mengetes apakah diri kita extrovert atau introvert secara gratis, loh dengan menjawab pertanyaan yanh tersedia secara jujur.

#5 Teman bercerita

Layanan ini dapat digunakan untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan dan dukungan dari psikologis untuk mengobati trauma / masalah psikologis secara gratis.


"Bagaimana cara menggunakan aplikasi MS Learning and Grow?"


Menggunakan aplikasi MS Learning and Grow mudah sekali. Berikut langkah-langkahnya:

#1. Install aplikasi MS Learning and Grow dan buat akun

Pertama, download aplikasi di playstore/appstore dan buat akun dengan mengisi kota domisili, tanggal lahir, jenis kelamin dan nomor telepon. Lalu isikan alamat email, nama, dan passwordnya.

#2  Klik Menu Test Sidik Jari

Masukkan kode voucher (jika belum ada, hubungi seller sesuai kota via WhatsApp). 

#3 Hubungi seller untuk melakukan transaksi pembelian voucher aktivasi

Hubungi seller sesuai kota. Jika sudah mendapat voucher bisa isi lengkap data personal yang mau melakukan profiling sidik jari. Kemudian mulai foto sidik jari.

#4 Pilih jadwal konsultasi

Pilih jadwal konsultasi sesuai waktu luang kalian. Kalau ada tanda merah berarti slot penuh. Kalau tanda hijau, berarti masih tersedia sesi konsultasi.

#5 Tunggu hasil analisis tes sidik jari

Hasil analisa bisa kalian baca melalui pdf di dalam aplikasi secara lengkap.

#6 Konsultasi hasil analisis dengan psikolog

Konsultasi dilaksanakan sesuai jadwal yang kalian pilih sebelumnya. Kalian mendapat kesempatan 30 menit untuk mendengarkan pemaparan dari ahlinya melalui zoom dan kalian bisa juga bertanya seputar hasil analisanya.


Pengalaman Menggunakan MS Learning and Grow


Karena saya ingin mengetahui karakter anak biar saya bisa menyesuaikan pola asuh sesuai dengan pribadi anak, maka anakku Al lah yang dites.

Menurut saya, aplikasi nya ringan dan nggak memberatkan handphone. Tampilannya juga simple dengan menu yang mudah dioperasikan. Di halaman utama, tersedia menu test sidik jari, layanan psikologi, layanan mentoring, dan beberapa artikel terkait. Kalian juga bisa mencoba test apakah kalian extrovert dan introvert secara gratis di aplikasi. Boleh dibilang aplikasinya mudah, lengkap, dan praktis.

Nah, kalau sudah sampai di menu seperti gambar dibawah ini, saya mengupload sidik jari anak, bisa langsung foto lewat aplikasi atau di foto dulu baru kemudian pilih melalui galeri. 

Tes sidik jari di aplikasi MS Learning and Grow

Tangan anak saya masih kecil, sih. Jadi memang agak susah untuk memfotonya. Harus benar-benar kameranya difokuskan. Bagi yang tes untuk anak balita, lebih baiknya foto saat tidur aja, ya hehe. Pastikan saja gambarnya tidak buram, tidak ada kotoran, dan flash yang menyala. 

Oh iya, tes sidik jari ini bisa kok dilakukan saat anak umur 2 tahun asalkan guratan sidik jari sudah jelas terlihat.

Kalau sudah diupload, kalian bakal diarahkan untuk memilih jadwal konsultasi dengan ahlinya. Kebetulan karena saya kerja, makanya saya cari jadwal sore atau malam. Tapi ternyata slot penuh semua. Akhirnya saya dapat slot tanggal 14 Juni jam 15.30 sampai 16.00.

Sedangkan untuk hasil analisanya kalian bisa cek di menu Laporan Profiling Psikologi. Kalian bisa download laporannya lengkap dalam bentuk pdf.

Bagaimana hasilnya? Apakah cocok dengan karakter anakku, Al?


Hasil Analisa Sidik Jari Anak. Bagaimana karakter pribadi, Anak?

Hasil dari Tes Sidik Jari MS Learning & Grow terangkum dalam laporan sebanyak 10 halaman dan mencakup mengenai: Preferensi Kerja Otak, Karakter Kepribadian, Minat & Bakat.

Anakku sendiri memiliki hasil analisa pribadi Steadiness yang lebih dominan dibanding kepribadian yang lain. Selain itu, juga ada sedikit kepribadian Compliance.

Hasil analisa karakter dengan tes sidik jari

Seperti penjelasan di atas, Steadiness adalah orang yang tenang dan memikirkan lebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Cenderung berhati-hati sebelum mengambil resiko. Steadiness juga menyukai segala sesuatu berjalan secara konsisten dengan lingkungan stabil dan harmonis atau enggan berkonflik dengan orang lain.

Kalau dipikir-pikir karakternya seperti saya karena saya orang nya cenderung berhati-hati dan memikirkan lebih dulu sebelum memutuskan sesuatu. Beda dengan suami saya yang lebih dominan, tegas, dan berani ambil resiko.

Berdasarkan analisa tersebut. Untuk steadiness itu lebih ke otak kanan, sedangkan compliance itu lebih ke otak kiri. 

Kebetulan, anak saya masih 2 tahun, jadi mungkin belum terlalu terlihat sepenuhnya karena belum bisa menyampaikan/mengekspresikan apa yang dipikirannya secara jelas.


Sesi Konsultasi Bareng Konsultan Ahli


Saya berkesempatan berkonsutasi dengan ahlinya, yakni mbak Indria Mayang. Sesi konsultasi dimulai sesuai jadwal yang saya pilih sebelumnya yaitu jam 15.30 sampai 16.00.

Selama 30 menit sharing dengan mbak Indria Mayang, saya dibuat terbuka pikirannya. Memang betul, yang harus belajar itu adalah saya sebagai orang tua. Saya harus belajar kembali mengenal anak tanpa harus membandingkan dengan anak yang lain.

Zoom meeting dengan konsultan ahli

Mbak Indria Mayang menjelaskan secara lengkap bagaimana karakter Al yaitu steadiness dan compliance. Selain itu, beliau menjelaskan apa kekurangan dan kelebihan karakter tersebut. Tak hanya itu, beliau juga memberikan pengarahan seputar gaya komunikasi, gaya belajar, hingga potensi karir.

Beliau juga memberi kesempatan saya untuk bertanya. Nah, salah satu pertanyaan saya yaitu apakah karakter ini akan terus dibawa sampai dewasa? Dan mbak Indria Mayang menjawab bisa saja berubah dan berkembang sesuai dengan pola asuh orang tua, pengaruh lingkungan, hingga perjalanan hidup si anak.

Sesi konsultasi selama 30 menit jadi terasa cepat. Rasanya pengen lebih lama lagi hehe. Beneran, 30 menit seperti nggak kerasa karena sharingnya mengalir dan bermakna gitu. Jadi lega pikirannya hehe.

Setelah sharing dengan mbak Indria Mayang saya jadi belajar untuk selalu memberikan pengertian, memahami karakter anak, memberi kasih sayang, dan pola asuh yang baik sebagai bekal nanti ketika anak dewasa dan mandiri.


~OoO~


Penutup

Penggunaan metode tes sidik jari ini ternyata sangat bermanfaat karena bisa membantu para orang tua untuk lebih mudah memahami karakter anak sehingga   lebih mudah juga ketika memberikan stimulus dan pengarahan yang tepat.

Sekarang nggak perlu bingung ataupun bersusah-susah, karena hanya lewat genggaman, para orang tua bisa melakukan tes sidik jari dengan mudah dan praktis.

Ayo, cobain tes sidik jari di MS Learning and Grow untuk mengenali dan memahami karakter serta potensi anak!

Share with your friends

7 komentar

  1. Aku baru tahu ada tes kayak gitu. Untuk harganya berapaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya sekarang lagi ada promo diskon 25% jadi 225k. Apa coba buka ig officialnya atau web nya aja kak untuk lengkapnya

      Hapus
  2. Itu berarti bisa tau karakter bawaannya gitu y. Pengen tau karakter anakku gmn kalau udah gedhe. Mirip aku apa bapaknya wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa coba cek aja 😅😅🤭

      Hapus
  3. hasilnya mirip banget sama anakku,, jadi terbantu sih emang kalo kita punya informasi gini. Kita jadi bisa lebih tau minat bakat anak.. Manfaatnya kerasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipe steadiness juga kak untuk karakter anaknya?

      Terimakasih telah mengunjungi blog saya ya kak.

      Hapus
    2. iya ,, rencana mau share ke temen temen biar bisa tau lebih dini minat bakat anak.. jadi lebih terarah

      Hapus

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done