Nggak Mudik Lebaran? Simak Tips Ini Supaya Nggak Galau Lagi - felorasa
News Update
Loading...

Minggu, 09 Mei 2021

Nggak Mudik Lebaran? Simak Tips Ini Supaya Nggak Galau Lagi


felorasa.com - Siapa yang tahun ini nggak mudik lebaran? Apakah sama kayak aku yang kayak bang toyib 3 tahun lebaran nggak pulang-pulang? Rasanya pasti sedih ya nggak bisa pulang. Bisa dibilang ini adalah salah satu momen tergalau dan terbaper karena nggak bisa kumpul bareng keluarga di kampung.

Walaupun mungkin masih bisa pulang di hari yang lain. Tapi kalau nggak pulang pas lebaran tuh rasanya ada yang beda ya. Melewatkan momen 1 tahun sekali. Nyesek gimana gitu.

Dengan adanya pandemi covid-19 yang nggak tahu kapan berakhirnya, membuat kita harus stay at home. Ya gimana lagi, ini demi kebaikan bersama untuk ngurangi penyebaran virus.

Tentunya banyak hal yang diriindukan selama momen lebaran. Mungkin teman-teman merasakan apa yang kayak aku rasakan. 
  • Kumpul dengan keluarga besar 
  • Foto bareng keluarga besar
  • Ketemu tetangga atau teman-teman yang jarang ditemui
  • Bersih-bersih rumah bareng keluarga
  • Beli kue lebaran dan menata kue lebaran ke ruang tamu
  • Bisa pakai baju baru atau seragaman seluruh keluarga besar
  • Makan makanan yang hanya muncul pas lebaran
  • Dengerin suara takbiran
  • Berangkat sholat id bareng-bareng keluarga
  • Maaf-maafan sekeluarga, sekampung dan lain-lain kampung, dll

Nih kan jadi mulai lagi galaunya kan. 

Aduh... Nangis nih


Gimana sih cara Ngurangin Sedihnya?

Bagi anak rantau seperti kita memang kudu bersabar dan kudu kuat. Jangan bersedih karena masih banyak hal yang bisa kita kerjakan untuk mengurangi kegalauan ketika nggak bisa mudik. Nah berikut beberapa cara supaya mengurangi galaunya.

1. Telfon dan video call sanak keluarga

Kamu bisa lakukan ini. Kamu bisa menanyakan kabar, bilang kangen, bilang maaf karena nggak bisa mudik, ngucapin selamat hari raya idul fitri, dan minta maaf ke keluarga lewat virtual. 
Ya walaupun ujung-ujungnya makin tambah baper tapi setidaknya bisa mengurangi kesedihan dan kerinduan.

2. Menonton acara di televisi

Ini yang biasa aku lakukan selama lebaran. Biasanya aku suka nonton televisi terutama berita atau acara infotainment yang nayangin info lebaran entah itu suasana keluarga presiden, keluarga artis, suasana jalan selama lebaran, dll. Jadi ikut merasakan atmosfer nya.

3. Menonton film dan drakor 

Kamu bisa streaming film, drakor, anime, variety show favorite, dll. Ini yang sering aku lakuin ketika nggak mudik lebaran. Alhamdulillah, bisa ngurangin galaunya. Tetapi jangan seharian nonton film ya tetap harus imbangi ibadah, istirahat, dan kegiatan lain.

4. Makan makanan enak

Kalau lebaran biasanya warung-warung pada tutup ya. Hanya beberapa aja yang buka. Tapi rencana makan makanan enak tetap harus terlaksanakan. Kamu masih bisa pesan online kok atau perlu kamu bisa masak sendiri.

5. Berselancar di dunia maya

Ini salah satu cara terjitu untuk mengurangi kegalauan nggak mudik. Kamu bisa streaming youtube, membuka instagram, membuka link berita, dll. Kamu juga bisa membuat aktivitas baru misalkan menulis di blog, dll.

Ada dua tipe ketika berselancar di dunia maya. Satu, ketika melihat momen keluarga lain yang merayakan lebaran, malah justru makin sedih dan baper karena kangen keluarga. Kedua, ketika melihat momen kebersamaan keluarga ketika idul fitri, aman-aman saja, ikut senang dan bahagia.

Kalau kamu ada di tipe satu, kamu bisa mengalihkan ke aktivitas lain supaya nggak makin galau ya. Ingat, pasti akan ada kesempatan untukmu kumpul dengan keluarga di lebaran tahun depan. Semoga saja pandemi covid-19 segera berakhir, semoga bisa kembali normal seperti sedia kala. Aamiin.


Adakah dari kalian cara lain untuk mengurangi galau nggak mudik? Kalau ada, tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya.




Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done