Pengalaman Memberi MPASI Pertama Anak Sebagai Ibu Baru - felorasa
News Update
Loading...

Senin, 01 Maret 2021

Pengalaman Memberi MPASI Pertama Anak Sebagai Ibu Baru

 

Anakku saat ini sudah berusia 8 bulan dan saat ini sedang asik-asiknya berlatih merangkak. Tapi untuk artikel hari ini, saya ingin khusus berbagi pengalaman ketika anak saya MPASI pertama kalinya pas si kecil 6 bulan hehe. 

Mungkin kegalauan ibu ibu sama juga yang saya rasakan waktu MPASI pertama. Yaps, sebagai ibu baru memang sempat mengalami kebingungan terutama ketika memilih menu pendamping untuk makan pertama anak.

Apakah harus buah-buahan?

Berapa sendok?

Teksturnya bagaimana?

Apakah boleh dikasih garam atau gula?

Apakah boleh makan nasi?

Mungkin beberapa pertanyaan diatas juga banyak dipikirkan ibu-ibu sekalian ya termasuk diriku. Saya pun jadi rajin searching informasi tentang mpasi tersebut seperti di IG, web IDAI, web the asianparents, dll 

Berdasarkan web IDAI, frekuensi pemberian MPASI 2x sehari berusia 6 bulan, jumlah takarannya 2 sampai 3 sendok dalam sekali makan sebagai awalan. Teksturnya mulai dengan makanan yang dihaluskan sehingga menjadi bubur kental.

Menu anak saya pertama kali adalah pure pisang. Sebetulnya saya pengen coba memvariasikan makanan dengan menu lengkap yang halus. Tapi karena pikirku dulu anak baru pertama kali mpasi, takut anak kaget. 

Jadinya saya coba mpasi pure pisang dahulu agar bisa beradaptasi dengan variasi makanan dan tekstur. Baru setelah itu, kurang lebih keesokan harinya, saya mulai variasikan makanan dengan menu 4 bintang plus buah. 

Menu MPASI (dok.pribadi)

Menu utama hari kedua anakku yaitu nasi, ikan salmon, dan brokoli. 


Respon Anak MPASI Pertama

Ketika suapan pertama, si kecil sedikit rewel. Berusaha untuk menghindar ketika disuapin dan mencoba untuk tutup mulut haha. Nggak hanya itu, sendok juga suka ditangkis si kecil sampai jatuh. 

Yang bikin panik itu ketika makanannya hampir kena mata karena anakku berusaha menghindar itu tadi. Kebetulan si kecil makannya digendong sambil jalan-jalan. Saya sendiri pengen banget anak bisa makan sambil duduk ketika hari pertama. Tp boleh nggak sih bun? Mungkin ibu ibu sekalian ada pengalaman?

Kembali lagi ke respon anak, boleh dibilang mpasi pertamanya masih belum lancar ya. Saya mewajarkan karena anak baru pertama kali merasakan makan. Dalam sehari itu hanya beberapa sendok pisang saja yang masuk. Kemudian keesokan harinya, saya buatkan menu 4 bintang. Responnya tidak terduga sih menurut saya. Anakku jadi lebih mudah makannya. 


Anak dan Bunda Saling Belajar ketika MPASI

Perilaku makan anak memang unik dan berbeda antara anak satu dengan anak yang lain. Jadinya saya tidak berusaha untuk membanding-bandingkan dengan bayi bayi yang lain. Sampai usia anak sekarang pun, saya sebagai ibu dan si kecil selalu belajar bersama.

Berikut tips MPASI 6 bulan pertama lancar dan menyenangkan 

#1. Atur jadwal makan dan minumnya

Bunda bisa mengatur jadwal makan dan minum susu untuk si Kecil.  Kalau anak sudah diberi susu duluan, biasanya akan menolak makan karena sudah kenyang. 

#2. Buat suasana yang senyaman dan semenangkan mungkin

Seperti yang dijelaskan diatas, perilaku makan anak itu unik, ada yang suka jika keadaan ramai dan ada juga yang harus tenang. Karakter makan tiap anak beda. 

Nah, Bunda bisa  coba mengatur senyaman dan semenyenangkan mungkin. Tapi ingat loh.  Hindari gadget ya. Kalau dibiasakan memperlihatkan gadget sedari kecil, nanti semakin besar malah susah melepaskan gadget. Bukan tidak mungkin, ketika makan pun malah jadi tidak fokus.

#3. Pilihlah menu yang tepat

Kemampuan mengunyah dan menelan si kecil juga perlu dilatih sedikit demi sedikit. Tekstur MPASI yang Bunda berikan bisa bertahap dari lembut hingga mendekati makanan dewasa sedikit demi sedikit. Nah, mpasi pertama pastikan teksturnya yang lembut dan kental.

#4. Tidak hanya anak yang belajar, bunda juga harus belajar.

Bunda perlu menikmati seluruh proses pemberian MPASI, karena selain bertujuan untuk memberikan nutrisi dan melatih kemampuan makan anak, bunda pun juga ikut belajar dari setiap proses.

 "trust yourself as a mom"  karena yang mengetahui anak bunda adalah bunda sendiri. Selalu percaya dengan diri sendiri bahwa bunda bisa. Dibarengi pula dengan update ilmu-ilmu, bisa dari ahlinya, sharing dengan pengalaman orang lain, dan sumber lainnya.

Hal ini tidak hanya ketika momen mpasi tapi momen-momen lain yang bersangkutan dengan anak tercinta.


Penutup

Bukan hanya anak-anak saja yang belajar dari orangtua, tetapi orangtua juga perlu belajar dari anak-anak. 

Bersuka ria, bersabarlah, dan nikmati semua proses si kecil saat mencoba cita rasa baru untuk pertama kali nya.

___

Oke sekian deh haha. Sepertinya cerita yang saya bagikan ini terlalu kepanjangan ya haha. Semoga ibu ibu sekalian, tidak bosan membacanya. Jika bunda mempunyai pengalaman lain seputar mpasi pertamanya, bisa share dikomentar dibawah ini ya.



Share with your friends

2 komentar

  1. artikel bagus sangat bermanfaat. saya juga ingin berbagi informasi yang lain, silahkan dikunjungin : Makanan Pendampim ASI by UNAIR NEWS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih telah mengunjungi blog saya ya.

      Hapus

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done