Review Film Parasite, Film Yang Wajib Ditonton Minimal Sekali Seumur Hidup! - felorasa
News Update
Loading...

Jumat, 27 Agustus 2021

Review Film Parasite, Film Yang Wajib Ditonton Minimal Sekali Seumur Hidup!


Kesan pertama setelah aku nonton film Parasite adalah "jangan mudah percaya dengan orang lain". Kita nggak akan pernah bisa tahu apa yang ada di hati seseorang. Biarpun orang tersebut wajahnya terlihat baik, tapi belum tentu hati nya baik. Yang wajahnya sangar ternyata hatinya hello kitty dan justru sangat baik. Itulah mengapa kita harus waspada terhadap siapapun apalagi orang yang baru dikenal. Jangan langsung percaya hanya dengan melihat tampilan luarnya saja karena bisa saja kita jadi korban kejahatan (segini saja sudah mau spoiler ya haha).

Seperti di judul di artikelku 'Film yang wajib ditonton minimal sekali seumur hidup' karena memang film ini bagus banget. Bikin kita mind blowing dan terheran-heran. Sepertinya teman-teman juga akan sependapat denganku kalau film ini bener-bener masterpiece.

Pantas saja Parasite banyak mendapat penghargaan, salah satunya menjadi film pertama Korea sekaligus Asia yang berhasil memenangkan dan membawa pulang piala ‘Best Picture’ di ajang Oscar.  Nggak hanya Best Picture, Parasite juga menyabet penghargaan Best Directing, Best Internasional Feature Film, dan Best Original Screenplay. Parasite juga menempati rating tinggi di IMDb dengan angka 8.6.

Bong Joon Ho dan para pemain Parasite di ajang Oscar (source: imdb.com)

Dan aku benar-benar acungin jempol untuk sutradara Bong Joon Ho yang telah menghasilkan karya yang sekeren itu. Nggak cuma sutradaranya saja, para pemain juga nggak kalah hebatnya karena mampu berakting dengan kualitas di atas rata-rata.

Nah, sebagian besar pasti sudah pernah menonton film ini, tapi bagi yang belum menonton dan kebetulan sedang membaca artikelku, disini banyak spoiler ya. Tapi kalau mau lanjut membaca, yuk mari dibaca sinopsis di bawah ini hehe.


Sinopsis Film : Kebohongan yang Berujung Tragedi


Sebenernya film Parasite relate juga dengan kehidupan kita sehari-hari dimana kita sering melihat ketimpangan sosial dan perbedaan antara si kaya dan si miskin. Perbedaan itu terkadang sering membuat banyak benturan. Di kehidupan sosial pun, kadang kita menemui orang-orang dengan segala kepentingan. Setiap orang bisa berubah. Mungkin saja hari ini baik, entah keesokan harinya bisa saja jadi buruk dalam waktu sekejap. Ya, mungkin seperti itu yang terjadi di film ini. 

Pemain Film Parasite

Film Parasite bercerita tentang kisah keluarga Kim yang beranggotakan 4 orang yaitu Kim Ki Taek (ayah), Chung Sook (ibu), Ki Woo (anak laki-laki), dan Ki Jung (anak perempuan) yang hidup serba susah dan berada di garis kemiskinan.

Keluarga Kim tinggal di sebuah tempat tinggal yang sempit, kotor, dan terbilang kumuh. Bahkan kalau hujan deras bisa kebanjiran. Di scene juga diperlihatkan saat mereka mencari sinyal wifi sampai bela-belain naik ke toilet. Realitanya? Menurut laman bbc, apartemen semacam itu memang benar adanya loh, dikenal warga masyarakat disana sebagai sebutan banjiha.

Keluarga Kim ini, penghasilannya nggak tetap dan cuma mengandalkan kerja serabutan seperti melipat kardus untuk bungkus pizza tapi tetap nggak membuahkan hasil yang maksimal.

Keluarga Kim melipat kardus Pizza (source: imdb.com)

Harapan mulai tiba, ketika temen sekolah Ki Woo yaitu Min Hyuk yang diperankan oleh Park Seo Joon datang sambil membawa oleh-oleh berupa batu yang diyakini sebagai simbol keberuntungan. Nggak hanya itu, Ki Woo mendapat tawaran untuk mengajar les private bahasa inggris seorang remaja perempuan dari keluarga kaya raya yaitu keluarga Park. Awalnya Ki Woo sempat ragu karena hanya lulusan SMA, tapi karena gaji yang ditawarkan juga lumayan. Akhirnya, Ki Woo nekad memalsukan ijazah dan memberanikan diri datang ke rumah keluarga kaya tersebut.

Sesampainya di rumah keluarga Park, Ki Woo disambut oleh seorang asisten rumah tangga  yang sudah bekerja lama disana. Saat itu Ki Woo memperkenalkan diri dengan nama Kevin.

Ki Woo di rumah Keluarga Park (source: imdb.com)

Ki Woo bertemu dengan Nyonya Park disana. Nyonya Park digambarkan sesosok wanita yang polos, ramah, suka tersenyum, dan baik hati. Nggak sulit bagi Ki woo untuk mengambil hati Nyonya Park untuk mempercayakan dirinya bekerja dengannya. Lagi pula putri Nyonya Park Yaitu Da Hye juga  tertarik dengan Ki Woo.

Setelah Ki Woo mulai bekerja disana dan merasa ada angin segar, keluarga Kim mulai tamak dan berusaha memasukkan seluruh keluarga Kim untuk bekerja di rumah keluarga Park. Berbagai macam cara dilakukan hingga berusaha menyingkirkan para pegawai yang memang sudah bekerja lama disana.

Akhirnya seluruh anggota keluarga Kim berhasil. Adiknya Ki Woo yaitu Ki Jung, berhasil menjadi guru les private seni dengan mengaku bernama Jessica. Ayahnya, Kim Ki Taek menjadi sopir pribadi, dan Ibunya, Chung Sook, menjadi pengurus rumah tangga dengan menyingkirkan Moon Gwang.

Sepanjang film, kita bakal diperlihatkan adegan yang tak terduga yang dipenuhi plot twist.

Bagaimana dengan endingnya? Puncak dari film ini yaitu muncul tragedi memilukan di antara keluarga Kim, keluarga Park, dan keluarga Moon Gwang ketika berada di sebuah acara perayaan ulang tahun. Pesta yang penuh canda tawa seketika berubah menjadi acara yang tragis.

Scene perayaan ulang tahun yang berakhir tragis (source : imdb.com)

Jadi banyak spoiler nya ya bun. Tapi walaupun begitu, bagi yang belum menonton dijamin nggak menyesal kalau nonton film ini.  


Review Parasite : Film dengan Plot Twist Terbaik

✓Judul Film Parasite

Sebelum menonton film ini, aku pikir filmnya tentang alien atau makhluk asing kayak anime Parasyte Kiseijuu sei no kakuritsu. Tapi ternyata ceritanya jauh berbeda.

Yang bikin aku bertanya-tanya, apa ya hubungan antara judul parasite dengan cerita di filmnya? Nah, semua pertanyaan akan terjawab ketika sudah menonton Parasite. Dan memang pantas film ini diberi judul tersebut.

Terkait genre, film ini mengambil genre comedy, drama dan thriller. Mencampur genre comedy dan thriller menurutku sangat beresiko karena bisa saja nggak sinkron dan berakhir cringe. Tapi harus ku akui, sutradara Joon-ho mengemas 3 genre itu dengan apik jadi kita yang menonton nyaman.

Kesesuaian Judul dan Cerita : 10/10


✓Alur dan Plot

Film ini mengandung plot twist yang bikin kita terkaget-kaget. Dari awal hingga akhir film, kita akan dibikin menebak-nebak alur selanjutnya tetapi ternyata alurnya nggak bisa terduga tiap menitnya. Waktu 2 jam 12 menit untuk menonton film ini, seperti nggak kerasa dan terasa sebentar karena alurnya enak diikuti dan kita menikmati cerita di tiap menitnya.

Film ini bisa memainkan emosi kita. Mood kita bisa naik turun. Ketika awal-awal bisa bikin kita ketawa, mulai pertengahan bikin kita terkaget-kaget, dan pas bagian sedih, bikin kita termenung juga. Dijamin nggak bosan.

Alur film : 10/10


✓Para Pemain

Nggak hanya soal alurnya, akting para pemain Parasite juga nggak diragukan lagi karena begitu natural dan menjiwai. Tentu saja karena mereka memang artis dan aktor yang berpengalaman di dunia perfilman.  

Bicara soal tokoh, kalau aku lihat nggak ada yang benar-benar protagonis dan antagonis. Karena setiap scene yang diperlihatkan, seolah tiap cast bisa memiliki sifat protagonis sekaligus ada antagonisnya. Tak ada yang sepenuh nya baik dan tak ada yang sepenuhnya jahat. Tak ada hitam maupun putih. Para cast sukses memerankan itu.

Akting Para Pemain : 10/10


✓Sinematografi

Bagiku sebagai penikmat film, dari segi sinematografi tertata apik dan keren. Cara pengambilan gambar juga detail. Biasanya kan banyak film yang mengambil dengan sudut close up ketika berdialog, tapi kalau di Parasite ini mengambil dengan sudut wide. Jadi kita bisa melihat beberapa ekspresi dan kejadian sekaligus dalam satu adegan.

Sebagai contoh ketika Ki Woo sedang berbicara dengan Nyonya Park, kita nggak hanya fokus saat mereka berdialog saja tapi kita juga bisa melihat adegan di belakang  mereka yaitu ketika Moon Gwang sedang guyon dengan anaknya nyonya Park. 

Perpindahan antara adegan satu dengan adegan yang lainnya juga mulus. Kita bisa menikmati tiap scene sampai akhir dengan nyaman tanpa ada rasa bosan.

Sinematografi. : 10/10


✓Amanat dan Pesan Moral

Film nggak hanya untuk hiburan saja tapi lebih dari itu, film haruslah bisa memberikan pesan moral bagi yang menonton. Film Parasite memang terasa lebih dekat dengan kita karena hampir sama dengan realita kehidupan sehari-hari. Makanya ketika sudah menonton filmya, rasanya pesan itu lebih mudah tersampaikan.

Pesan moral : 10/10


Pelajaran yang Bisa Diambil dari Film Parasite


✓ Jangan Mudah Percaya Dengan Orang Begitu Saja
Ini pelajaran utama yang bisa kita ambil dari film ini bahwa jangan mudah percaya dengan orang begitu saja. Bukan berfikiran negatif tentang orang tapi lebih mengenai sikap untuk mawas diri dan berhati-hati.

✓ Teliti sebelum membeli rumah
Seperti yang kita ketahui, setting tempat paling dominan di film ini adalah rumah Keluarga Park. Ternyata banyak hal yang tersembunyi dibalik rumah itu. Ini mengajarkan kita, bahwa kita harus berhati-hati sebelum memutuskan membeli rumah. Usahakan tahu sejarah rumahnya dan teliti detailnya supaya kedepannya nggak terjadi masalah.

✓Orang tua akan selalu menyayangi anak

Terlepas dari hal buruk yang terjadi, ada sisi lain yang bisa dijadikan pembelajaran. Orang tua akan selalu menyayangi dan melindungi anaknya apapun yang terjadi dengan caranya masing-masing. 

Salah satunya, ketika Da song berkemah malam hari di waktu hujan. Mungkin kalau di kehidupan sehari-hari, seperti itu sudah dimarah-marahi orang tua. Tapi beda dengan keluarga Park, mereka berusaha menyenangkan hati anak tanpa amarah dan membiarkan memilih apa yang disukai tapi tetap orang tua mengawasi.


✓Kita bisa menyakiti hati orang lain tanpa sengaja
Di film ini, ada scene menampilkan ketika Pak Kim terganggu dengan hinaan Tuan Park mengenai bau badan yang katanya seperti lobak basi. Karena terlampau sering membuat Pak kim emosi dan dendam. Endingnya sungguh tragis.

Pelajaran buat kita semua bahwa tanpa sengaja pun kita bisa menyakiti hati orang lain. Oleh karena itu selalu berhati-hatilah dalam berbicara dalam keadaan apapun. 

Demikian review aku tentang Film Parasite. Secara keseluruhan aku menilai film ini layak untuk jadi film Korea terbaik sepanjang masa.

Ngomong-ngomong tentang film korea, beberapa waktu lalu aku membaca di sebuah artikel tentang kumpulan film korea terbaik sepanjang masa yang aku baca dari web Bacaterus. Ternyata masih banyak loh film yang ratingnya tinggi dan ternyata belum aku tonton seperti Minari, Pawn, The Call, dll. Selanjutnya aku tonton deh. Teman-teman kalau butuh rekomendasi film lainnya, bisa baca saja di bacaterus.com.

Yuk, kita kenalan dengan Bacaterus. Bacaterus.com merupakan media online yang diluncurkan pada 26 September 2013 di bawah naungan Bacaterus Digital Media.  Bacaterus.com memuat berbagai tulisan menarik dari dunia film, mulai dari Film Hollywood, Drama Korea, hingga Anime.


Keunggulan bacaterus.com


✓Tampilan Website Eye Catching dan User Friendly
Coba deh teman-teman membuka website bacaterus.com, bagaimana pendapat teman-teman? Yup, tampilannya minimalis tapi tetap nyaman dan enak dilihat. Navigasinya pun mudah untuk dioperasikan. Yang terpenting, web ringan dan nggak bikin berat untuk diakses sehingga teman-teman nyaman mengaksesnya.


✓Sajian Konten Lengkap dan Up to Date.
Nggak hanya mengulas drama korea saja, di bacaterus.com juga menyajikan beragam ulasan drama, anime, dan film berbagai negara. Ulasan bisa seputar sinopsis, review, bahkan rekomendasi film yang up to date. Bacaterus.com juga mengulas beragam genre film dimulai dari thriller, drama, komedi,  romantis, dll. Hal tersebut tentu berkat para penulis bacaterus.com yang kompeten dan berpengalaman.


✓Artikel Mudah Dipahami dan Nggak Bikin Bosen
Artikel ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami sehingga teman-teman nggak bakal bosen untuk membacanya. Segala konten review juga dibuat benar-benar netral dan detail dari berbagai sudut pandang mulai dari pemain, alur cerita, hingga latar belakang.

Supaya nggak ketinggalan info mengenai film lainnya, teman teman juga bisa follow akun sosial media Bacaterus di facebook, youtube, instagram, dan twitter nya.




-oOo-
Kesimpulan

Film Parasite sangat layak untuk ditonton. Di mulai dari akting para pemain, alur, hingga latar belakang hampir sempurna sehingga pantas mendapat kesan positif di hati para penonton. Yang jelas, film ini bukan hanya sekedar hiburan di kala bosan, tetapi bisa dijadikan pembelajaran karena mengandung pesan moral yang kuat bagi kita semua.

Sekian review kali ini, terimakasih telah mengunjungi felorasa.com. Semoga bermanfaat ya. 




Sumber foto : imdb.com
Olah grafis : felorasa.com
Sumber informasi : 
° review penulis terhadap film parasite
° bacaterus.com


Share with your friends

6 komentar

  1. Parasite emang keren bgt... Film korea favorite ku

    BalasHapus
  2. Tak bela2in jauh2 nonton ini di bioskop. Pdhl jarak jauh. Ternyata memang bgs bgt. Ga sia2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demi Parasite ya bun. Tp nggak sia-sia ya bun

      Hapus
  3. endingnya ga terduga nih film

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak cuma ending. Semua nggak terduga. 😅

      Hapus

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done