Solusi Mudah! Bisa Masak Enak Walau Low Budget dengan Yummy App - felorasa
News Update
Loading...

Senin, 23 Agustus 2021

Solusi Mudah! Bisa Masak Enak Walau Low Budget dengan Yummy App


felorasa.com - Uang Rp. 20.000 kalau untuk jajan di luar, mungkin cuma dapat bakso sama es teh saja untuk dikonsumsi satu orang. Lalu bagaimana kalau uang Rp. 20.000 tadi untuk menu masakan di rumah? dapet apa saja? Apakah cukup? Nah, saya akan coba menjawab tantangan itu dengan memasak resep rumahan di bawah Rp 20.000 yang saya lihat di Yummy App.

Masakan yang saya coba adalah masakan yang berbahan dasar tahu dan tempe. Disamping rasanya enak dan bergizi, harganya pun ramah di kantong. Hal ini menjadi alasan tempe dan tahu jadi lauk andalan saya sekeluarga.

Kalau di pasar di kota saya, tahu tempe termasuk murah sekali. Setengah papan tempe besar harganya sekitar Rp. 4000. Kalau 8 kotak tahu sekitar Rp. 4000.  Nggak sampai Rp. 10.000 rupiah sudah dapat semua. Sisanya bisa untuk tambahan beli cabai untuk sambal. Tapi memang harga masing-masing kota berbeda.

Tahu dan tempe sendiri bisa diolah berbagai masakan. Untuk kali ini, saya coba memasak tahu tempe dan sambel bacem. Resep masak ini saya contoh dari Yummy App.

Inilah hasil eksekusi masakan saya. 

Tahu bacem resep dari Yummy App

Jujur ini masakan tahu tempe bacem saya untuk pertama kali. Jumlah porsinya bisa untuk 5 orang dan 2 kali makan untuk pagi dan siang. Kebetulan, tahu tempe nya saya potong serong jadinya bisa banyak. Alhamdulillah bisa menghemat pengeluaran. 

Saya juga kombinasikan dengan sambal bacem. Resep nya juga saya re-cook dari yummy appresep dari komunitas Yummy yang bernama Stefani Dessy Susanti. Hasil sambel masakan saya di bawah ini.

Sambel bacem resep dari Yummy app
Bahan dan cara pembuatannya lebih detailnya, bisa dilihat langsung di aplikasi Yummy App yang di unduh di play store/app store. Jika bunda ingin mencari resep, coba ketik tahu tempe bacem atau pun sambal bacem di menu "Cari Resep dan Chef Yummy" di bagian atas pada beranda. Cara lain, bunda bisa klik menu masak di bagian bawah. Pilih "di kulkas ada apa?". Bunda bisa memanfaatkan fitur budget jika ingin menentukan anggaran masakanannya.

Nanti saya kenalkan Yummy App ya bun. Tapi sebelum itu, saya akan sharing mengenai tips masak makanan sehat dan enak walaupun anggaran bunda sedang tipis.



Tetap Bisa Makan Sehat dan Enak Walaupun Anggaran Tipis


Saya masih ingat kata-kata ibu saya seperti ini. "Mbok maem sak anane. Ora usah tuku wong wis akeh lawuh". Kalau diartikan "Makan yang seadanya. Nggak usah beli, masih banyak lauk". 

Dulu kalau ibu berkata seperti itu, saya suka badmood hehe. Ujung-ujungnya ibu suka mengalah dan memenuhi permintaan saya. Tapi kini setelah saya menikah, saya baru merasakan sendiri dan memahami apa yang dirasakan ibu selama ini.

Memang betul, kebutuhan makan menjadi pengeluaran terbesar di sebagian rumah tangga. Jadi nggak heran kalau ibu akan sedikit lebih cerewet apalagi kalau anak-anaknya boros. Nggak sedikit pula, seorang ibu harus memutar otak dan lebih kreatif supaya dapur tetap ngebul walaupun uang mepet.

Menurut Wuryandari (2015) Ditinjau dari analisis deskriptif, ditemukan rata-rata pengeluaran rumah tangga di Indonesia sebagian besar masih digunakan untuk kebutuhan makan dengan perbulan adalah 1.332.615 dan pengeluaran bukan makanan adalah 1.011.086. hasil penelitian menemukan rata-rata pengeluaran rumah tangga untuk pendidikan adalah 285.425, kesehatan adalah 203.600 serta rata-rata proporsi pengeluaran untuk makanan adalah 58 persen.

Padahal pengeluaran rumah tangga nggak hanya makan, tapi ada juga pendidikan, kesehatan, transportasi, dll. Salutnya, ibu-ibu selalu berusaha memanage itu semua. 

Berdasarkan pengalaman pribadi, orang tua, orang sekitar saya, dan beberapa sumber di internet, ada beberapa cara untuk me-manage uang makan tersebut.


1. Memasak Sendiri dan Kurangi Membeli

Kebiasaan cari yang praktis dengan membeli makanan diluar memang sering kita lakukan, terlebih harga yang tidak terlalu terlampau mahal. Namun, sesuai peribahasa “sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit”. Kebiasaan ini mengharuskan kita menyiapkan budget lebih.

Katakanlah untuk sekali makan budget Rp. 30000/makan dengan makan dalam satu minggu saja kebutuhan untuk makan satu orang Rp. 210.000, dan apabila dalam satu keluarga tentunya kebutuhan untuk budget makan bisa berkali kali lipat.

Membeli makanan bukan merupakan larangan namun ada waktu dan frekuensi wajarnya, mungkin saat kita benar-benar sibuk, ada acara perayaan keluarga, atau sekedar untuk hiburan bersama keluarga.

Salah satu cara agar lebih hemat yaitu dengan memasak sendiri, selain lebih hemat, memasak sendiri juga lebih terjamin kebersihannya.

2. Rencanakan Apa yang Akan Dimasak Sebelum Belanja

Saat berbelanja bisa menjadi lebih hemat atau bisa pula menjadi lebih mahal tergantung dari bagaimana kita mengatur keuangan saat akan berbelanja. Salah satu tips agar belanja lebih hemat adalah dengan membuat daftar belanjaan berdasarkan kebutuhan dan bahan yang habis.

Selain itu perencanaan menu apa yang akan dibuat juga menjadi penting sehingga semua bahan efisien dan tidak terbuang. Menu juga bisa disesuaikan dengan musim apa atau bahan apa yang sedang musim selain dapat banyak pilihan harga juga lebih terjangkau.

3. Masak Untuk Porsi Satu Hari

setelah menentukan menu yang akan dibuat, tips berikutnya adalah membuat masakan dalam jumlah porsi besar untuk porsi satu hari. Hal itu bertujuan agar pengeluaran dapat diminimalisir seperti pengeluaran gas, minyak, bumbu dan bahan-bahan lainnya. 
Namun untuk dapat memasak dengan menu satu hari perlu trik karena harus menyajikan makanan yang minimal dapat dinikmati hingga 2 kali makan, dan agar makanan tidak cepat basi. Selain itu, ada beberapa sayuran atau menu masakan yang tidak tahan lama sehingga tidak cocok apabila digunakan untuk menu satu hari. 

4.  Bergabung dengan Komunitas

Bunda bisa bergabung dalam satu atau beberapa komunitas seperti grub WA ibu-ibu RT di tempat tinggal Bunda, grub teman sekolah dulu, ataupun komunitas memasak. Bunda bisa bertukar pengalaman, dan sharing dengan ibu-ibu lainnya.

Pasti bunda sudah nggak asing dengan tutorial memasak di instagram @yummy.idn kan? Ataupun di official facebook Yummy Indonesia maupun aplikasi Yummy App? Disana nggak hanya cuma mencari resep nya saja tetapi lebih dari itu. Saya bisa belajar bahwa berapapun budgetnya, saya tetap bisa menghadirkan masakan yang sehat dan enak untuk keluarga. 



Mari Kenalan dengan Yummy App!

Ngomong-ngomong soal Yummy, kita kenalan dulu yuk! Yummy adalah platform digital dari IDN media pada tahun 2016 yang berfokus pada konten tutorial, resep, dan tips trick seputar memasak. Pada tahun 2019, Yummy meluncurkan aplikasi mobile yang bernama Yummy App yang saat ini sudah lebih dari 1 juta penggunanya. Bahkan di instagram, sudah lebih dari 2.7 followers. 

Jujur, saya baru mengenal yummy beberapa bulan lalu dari teman instagram yang posting mengenai yummy app di blognya. Kebetulan juga saat itu saya sedang gencar-gencarnya berhemat dan mulai sering memasak di rumah. First impression saya setelah memakai yummy app, ternyata aplikasi nya beda dengan yang lain. Lengkap dan kaya akan fitur.

Ada yang unik, ketika membuka aplikasi, di halaman beranda bunda akan disapa dengan sebutan chef disusul dengan nama bunda. Selain itu bunda juga akan disapa selamat pagi, siang atau malam. 


Bisa dilihat di gambar atas. Tampilannya menarik dengan warna dasar putih dan orange, Selain itu, untuk navigasi dan pengoprasian pun mudah. 


6 Alasan Bunda Harus Mencoba Yummy App


1. Masak sesuai budget mu

Masak sesuai budget
Kadang saya suka bingung ketika memasak menu karena anggaran mepet. Ujung-ujung nya pasti goreng telur atau masak mie instan. Tapi kalau terus-terusan masak menu di atas, bosen juga. Apalagi kalau keseringan makan instan kurang bagus.

Tapi di yummy app,  bunda bisa memasak menu favorite sepuasnya disesuaikan dengan anggaran yang ada. Yang pastinya sehat, bergizi, dan enak. Contohnya seperti saya memasak tahu dan tempe bacem, nggak sampai keluar uang hingga 20.000. Bunda bisa memaksimalkan fitur filter budget untuk memilah biaya yang diinginkan. Untuk rincian filter harganya yaitu

  • < Rp. 10.000
  • Rp. 10.000 - 30.000
  • Rp. 30.000 - 50.000
  • Rp. 50.000 - 70.000
  • Rp. 70.000 - 100.000
  • > Rp. 100.000


2. Resep Makanan Lengkap 

Resep lengkap yummy app
Di yummy app, bunda bisa akses GRATIS berbagai resep masakan dimulai dari masakan tradisional, cemilan, makanan pembuka, makanan pedas, chinese food, hingga dessert. Resep bisa dari chef yummy ataupun komunitas yummy.

3. Mudah diikuti hanya 5 langkah

Resep yummy app
Salah satu keunggulan yummy app yang beda dengan yang lain adalah mudahnya panduan tutorial memasaknya. Bunda bisa dengan mudah mengikuti step by step hanya dengan 5 langkah.

Tutorial dilengkapi pula dengan video, gambar per langkahnya, durasi masak, jumlah porsi, perkiraan budget, hingga keterangan tanda halal.


4. Dapat Resep dari Chef hebat Indonesia

Chef yummy app
Bunda bisa mendapatkan resep eksklusif gratis loh dari chef ternama Indonesia. Dimulai dari Chef Arnold, Chef Gilang, Chef Nunu, hingga Chef Hana. Bunda bisa belajar masak dan bisa menghadirkan sajian menu ala chef ternama di rumah.

5. Komunitas masak terbesar

Bunda bisa bergabung dengan anggota komunitas yummy yang lainnya. Bunda juga bisa mendapatkan tambahan uang dari resep masakan yang berhasil dipublish. Caranya yaitu
  • Buka aplikasi yummy app di handphonemu
  • Pilih menu tulis resep yang letaknya di navigasi bawah
  • Tulis resep kreasi bunda dan ikuti sesuai instruksi yang ada
  • Tekan tombol upload resep jika sudah selesai

6. Masak di rumah jadi lebih mudah

Seperti pada penjelasan diatas, dalam 1 aplikasi bunda bisa melihat dan mempraktekkan sendiri berbagai macam masakan di rumah. Dimudahkan pula dengan tutorial beserta video cara pembuatannya. Bunda juga bisa memaksimalkan fitur-fitur nya antara lain

  • Fitur masak : Gunakan Fitur Memilih Bahan ini untuk membantu bunda jika bingung harus mulai memasak. Cari bahan sesuai ketersediaan bahan-bahan di dalam lemari es bunda pada menu masak dan pilih tombol terapkan jika sudah memilih bahan makanan.
  • Fitur Filter Resep berdasarkan harga : fitur ini mempermudah bunda memasak dengan harga tertentu. Jadi ketika tanggal tua, masih bisa masak sehat dan enak.
  • Fitur filter resep berdasarkan waktu : bagi yang buru-buru memasak ataupun ingin durasi nya lama, gampang. Manfaatkan fitur ini. Ada pilihan durasi yaitu  30 - 60 menit, < 30 menit, dan > 60 menit.
  • Fitur filter resep berdasarkan porsi : fitur ini bisa mencari resep makanan disesuaikan porsi yang diinginkan. Misal bingung memasak jika hanya porsi berdua saja atau yang ramai ketika acara keluarga, bisa pergunakan fitur ini. Tersedia untuk < 10 porsi, < 5 porsi, dan 5 - 10 porsi.
  • Fitur "Buat Resep" : Fitur ini dapat mempermudah bunda untuk berbagi resep milik sendiri untuk dibagikan dengan pengguna lainnya melalui aplikasi. Setiap resep yang berhasil terbit, akan mendapat point yang bisa ditukarkan menjadi uang 10.000 (setara 100 yummy point). 
Bagi yang berencana untuk buka usaha makanan atau yang ingin mengembangkan usaha yang sudah ada, yummy app bisa jadi solusimu. Jadi kita nggak perlu bingung lagi untuk mencari inspirasi makanan seperti apa.
Cara nya mudah, cukup pergunakan filter Resep - Resep Ide Jualan, Dijamin Laku. Maka hasil pencarian akan muncul semua di Kolom Resep Ide Jualan.

Setelah tahu fitur-fiturnya, yuk download Yummy App! dapatkan fitur lengkap Yummy App untuk memudahkan pengalaman masakan bunda!


  -OoO-

Kesimpulan

Salah satu pengeluaran terbesar rumah tangga adalah biaya makan. Mungkin hampir 50% nya untuk biaya makan tersebut. Padahal masih ada biaya lain untuk kesehatan, pendidikan, transportasi,dll. Cara agar menghemat dan meminimalisir anggaran makan adalah dengan memasak di rumah.

Memasak dan makan di rumah butuh komitmen seluruh isi rumah. Karena percuma juga sudah makan di rumah tapi tetap beli lauk di luar. Alasannya karena bosan lauk nya itu-itu saja.

Tak perlu khawatir, bunda tetap bisa masak makanan enak dan sehat di rumah walaupun anggaran  sedang tipis. Bunda pun  nggak perlu bingung lagi ingin memasak apa untuk hari ini.

Dengan Yummy App, bunda bisa menyajikan hidangan masakan spesial apa saja untuk keluarga mau budget berapapun itu. Sehingga bisa dibilang, yummy app bisa membantu bunda untuk berhemat. Sisa uang belanja pun bisa bunda tabung ataupun untuk keperluan lain.

Selamat mencoba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya.


Sumber :

Sumber gambar : Yummy App dan dok.pribadi
Olah grafis : felorasa.com
Sumber informasi: Yummy App, pengalaman pribadi
Wuryandari, Ratna Dewi. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Makanan, Pendidikan, dan Kesehatan Rumah Tangga Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia. vol 10 no 1

Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done