Beli Obat Daring Aman dan Terpercaya? Di sehatQ saja! - felorasa
News Update
Loading...

Sabtu, 30 April 2022

Beli Obat Daring Aman dan Terpercaya? Di sehatQ saja!


Gambar di atas adalah gambaran bagaimana zaman dulu vs sekarang ketika saya disuruh emak belanja. Saya masih ingat dulu ketika masih sekolah, paling suka kalau diajak ibu belanja keliling toko apalagi kalau saat mau lebaran. Tapi berbeda dengan zaman sekarang, saya malah lebih sering belanja di toko online karena lebih praktis dan mudah bahkan belanja sambil rebahan pun bisa.

Begitu pun dengan teman-teman pasti sudah sering membeli produk secara online. Yup, saat ini belanja online sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita baik itu muda maupun tua. Hampir semua kebutuhan dapat kita temukan disana, mulai dari elektronik, fashion, perlengkapan sekolah, bahkan barang-barang yang berukuran besar sekalipun bisa dibeli secara online.

Hanya dengan klik pesan dari layar gadget, barang yang kita beli akan dikirim ke rumah tanpa harus capek-capek mengantri panjang ataupun keluar rumah. Pembayaran pun mudah, tidak perlu harus menukar receh ataupun menunggu kembalian. Semua bisa kita lakukan melalui smartphone.

Sejalan dengan hasil survei dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2019, dari 47 juta milenial pengguna internet, sebanyak 17 persennya atau sekitar 7,8 juta di antaranya suka belanja online. Entah itu membeli kebutuhan barang atau memakai jenis jasa.

Dalam riset itu juga disebutkan jika tren belanja online lebih didominasi oleh generasi milenial ketimbang generasi lainnya. Generasi ini juga tercatat sebagai generasi yang paling konsumtif.

Lalu apa yang membuat masyarakat terbiasa belanja online dibandingkan belanja offline?

Tidak dipungkiri alasan banyak orang terutama generasi milenial memilih belanja secara online karena merasa lebih mudah dan nyaman dibanding mendatangi ke toko langsung. Selain itu, barang-barang yang dijual online lebih murah ketimbang secara offline. Meskipun masih dibebankan biaya ongkir pun kita masih mau belanja di marketplace.

Apalagi sejak pandemi ini, menyebabkan masyarakat jadi semakin terbiasa membeli barang kebutuhan secara daring. Tidak hanya soal pakaian, bahkan obat dan vitamin pun bisa dibeli tanpa harus ke apotek langsung. Bayangkan. Obat saja bisa dibeli online.

Bicara mengenai obat, apakah aman membeli obat secara online? Apakah membeli obat online berbahaya?


Amankah Membeli Obat Secara Online?

Saya memang termasuk tipe orang yang ragu jika membeli obat tanpa resep dokter. Kalaupun tanpa resep dokter, paling tidak tiap saya beli obat pasti di apotek terdekat berkonsultasi dengan apotekernya langsung. Selain itu jika datang langsung, paling tidak saya bisa mengecek fisik obatnya.

Sedangkan yang saya takutkan ketika membeli obat online itu karena tidak ada tenaga kefarmasian / apoteker yang bisa diajak mengobrol secara langsung sehingga beresiko tidak mendapat informasi mengenai penggunaan dan efek samping obat yang saya beli. Apalagi ditakutkan jika mendapat obat rusak, kedaluarsa, bahkan palsu. Ditambah pula jika menemui penjual yang tidak memiliki identitas toko yang jelas. Jika seperti itu, tidak hanya obat, keamaan data pembeli pun rentan disalahgunakan. 

Kekhawatiran tersebut mungkin tidak hanya dirasakan saya tapi teman-teman pun mungkin merasakan hal sama. 

Apakah obat aman dibeli secara online? Mengingat obat bukan barang dagangan yang sembarangan untuk diperjualbelikan?

Nah, menanggapi maraknya penjualan obat secara daring, Badan POM gencar mensosialisasikan dan melakukan pengawasan Obat. Seperti yang kita ketahui, salah satu tugas penting Badan POM adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap Obat dan Makanan yang beredar di masyarakat agar kita tetap aman dan sehat.
 
Beberapa waktu lalu, saya membaca e-book Pdf berjudul Serba Covid Cegah Covid-19 Sehat Untuk Semua yang diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dalam buku panduan tersebut dijelaskan bahwa kita sebagai pembeli diharuskan mengecek keamanan obat dengan istilah KLIK. KLIK adalah kepanjangan dari Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa.

1. Kemasan
Sebelum memutuskan membeli obat, pastikan kita selalu mengecek kemasan fisik produk dalam kondisi baik, tidak sobek, berlubang, karatan, dan kerusakan lainnya. Mungkin jika offline kita bisa mengeceknya langsung, tapi kalau online memang agak sedikit sulit, ya. Tapi banyak kebijakan dari penjual yang menyediakan layanan refund dan pengembalian barang. Jika menemui seperti itu, maka kita bisa mengajukan refund saja.

2. Label
Jangan lupa untuk cek label yang terdapat di kemasan produk seperti kode produksi, nama produk, komposisi, dll. Kalau tidak begitu jelas, mending dipikir-pikir kembali dan konsultasikan kepada ahlinya saja.

3. Izin edar
Pastikan obat yang akan dibeli memiliki izin edar dari badan POM. Caranya dengan memeriksa nomor registrasi. Suatu produk harus diwaspadai jika produk tidak mempunyai izin edar.

4. Kedaluwarsa
Pastikan produk yang dijual tidak melebihi tanggal kedaluwarsa. Mengonsumsi obat yang sudah lewat tanggal kedaluwarsanya bisa berbahaya. Selain kualitas obat sudah berkurang, bisa jadi obat mengalami perubahan komposisi kimia tertentu yang berbahaya.

Selain 4 point di atas, BPOM juga mencantumkan beberapa tips untuk mendapatkan obat yang aman dalam buku panduan Serba COVID-19 halaman 18 tersebut. Berikut adalah di antaranya:

  • Beli obat di sarana pelayanan kesehatan atau kefarmasian resmi
  • Pembelian obat keras harus menyertakan resep dokter
  • Hati-hati dan waspada terhadap penawaran online dari sumber dan keaslian yang tidak diketahui
  • Beli obat dan vitamin secukupnya
  • Jangan lupa untuk selalu cek KLIK sebelum membeli produk kesehatan
  • Laporkan jika ada terhadap penjualan obat ilegal via daring ke HaloBPOM 1500533

Kemudian yang perlu digarisbawahi, ketika kita memutuskan membeli obat online maka kita pastikan bahwa penjual telah memiliki sertifikat PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi. Sertifikasi ini merupakan regulasi untuk penjualan obat secara online yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jadi obat aman dibeli secara online  dengan memastikan bahwa penjual telah memiliki sertifikat PSEF.

Bagaimana cara mengetahuinya?
Cara termudah, teman-teman bisa kunjungi halaman https://psef.kemkes.go.id/ kemudian cari dikolom judul Tanda Daftar PSEF yang terbit. Kemudian dicek.

Platform apa yang sudah mengantongi sertifikat PSEF tersebut? Platform apa yang aman untuk membeli obat secara online?


SehatQ memiliki sertifikat PSEF dari Kementerian Kesehatan. Aman dan Terpercaya

Sebelumnya kita akan mengenal dulu apa itu SehatQ. Mungkin teman-teman sekalian sudah pernah membaca beberapa artikel sehatQ.com di google atau mungkin sering menemui konten kesehatan sehatQ di instagram.

SehatQ adalah startup penyedia layanan kesehatan digital, yang berdiri pada November 2018. SehatQ menyediakan layanan chat dan video chat dokter, toko vitamin dan obat online, menyajikan beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan, hingga fasilitas kesehatan serta dokter. SehatQ dapat diakses melalui www.sehatq.com atau download aplikasi di Google Playstore atau App store.

Fyi, sehatQ bisa menjadi solusi bagi kita yang ingin beli obat secara daring tanpa harus keluar rumah. Apalagi saat ini masih berada di masa pandemi.

Apakah aman?

Pasti aman karena SehatQ sudah mendapatkan sertifikasi Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) dari Kementerian Kesehatan. Menurut definisi dari Kementerian Kesehatan, PSEF adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik farmasi untuk keperluan fasilitas pelayanan kefarmasian. 

Untuk memperoleh sertifikat itu saja tidak mudah. Tidak semua platform bisa lolos karena membutuhkan proses perizinan yang ketat. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sehatQ. Salah satunya yaitu memiliki surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo), akses pengawasan pemerintah, dan izin dari Kementerian Kesehatan. Jadi bukan sekedar daftar langsung bisa karena semua butuh perizinan.


Dengan sertifikasi PSEF ini, sehatQ menjadi aplikasi telefarmasi terpercaya dan aman untuk menyediakan obat dan layanan kesehatan yang diatur di bawah Kementerian Kesehatan RI, loh.

Teman-teman terutama saya sendiri tidak perlu takut atau khawatir lagi untuk membeli obat secara online. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa sehatQ menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet yang sesuai dengan peraturan pemerintah.

Apa saja obat yang bisa dibeli di sehatQ? Dan bagaimana cara membelinya? Apakah obat dari resep dokter bisa ditebus di sehatQ?


Tinggal Klik, Begini Cara membeli obat di SehatQ

SehatQ memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi teman-teman sekalian untuk memesan obat dan menebus resep di aplikasi atau di web sehatQ sama seperti belanja obat langsung di apotek. Resep yang ditebus telah diverifikasi oleh dokter di dalam aplikasi. Demikian pula dengan keaslian data pada resep tidak perlu diragukan lagi. 

Berikut cara mudah membeli obat di sehatQ.

1. Membeli obat resep di Toko SehatQ lewat chat dokter
Ada beberapa obat dari golongan tertentu yang perlu ada persetujuan atau di resepkan oleh dokter. Apalagi setiap orang memiliki kondisi dan riwayat medis berbeda-beda. Tentu ini berguna sekali buat teman-teman agar mendapat dosis yang tepat dan cara pakai yang paling aman.

Obat resep ini banyak sekali seperti antibiotik, kortikosteroid, dan obat lain yang perlu dikonsumsi secara rutin. Obat-obat tersebut tidak sembarangan asal beli karna harus ada resep dokter karena masing-masing obat memiliki khasiat dan efek samping yang berbeda-beda.

Maka dari itu, supaya bisa mendapatkan resep untuk obat-obat tertentu, teman-teman berkonsultasi terlebih dahulu agar dokter dapat menilai bahwa obat yang ingin dibeli memang sesuai dengan keluhan dan kondisi.

Caranya mudah, yaitu dengan membuka aplikasi sehatQ atau melalui website. Apabila kalian membuka SehatQ melalui browser, maka cukup klik tombol “Chat dengan dokter” di sebelah kanan bawah. Jika melalui aplikasi, cukup tekan opsi Chat Dokter pada halaman depan. Kemudian sampaikan keluhan kalian kepada dokter. Dokter akan membuat resep digital. Resep tersebut akan langsung terhubung ke toko sehatQ.

2. Membeli obat secara langsung (tanpa chat dokter) di Toko SehatQ

Jika teman-teman ingin membeli obat bebas atau obat tertentu tanpa melalui chat dokter, kalian cukup memesan produk selayaknya saat teman-teman membeli produk di marketplace. Misal obat merk pasaran yang bisa teman-teman pilih manual.

Tapi pengecualian jika teman-teman membeli obat yang harus resep dokter maka tidak bisa langsung pesan.

Saya ambil contoh. Misal saya beli obat antibiotik amoxicillin di aplikasi. Saya search dan ketemu obat amoxicillin. Nah, di deskripsi, kalian akan melihat peringatan "obat resep. Produk ini hanya dapat dibeli melalui chat dokter berdasarkan gelaja. Contoh nya pada gambar dibawah ini.

Maka ikuti alurnya saja, berarti langkah yang harus saya lakukan yaitu chat dokter dulu sesuai gejala yang saya rasakan. Baru bisa membeli obat amoxicillin.

3. Membeli obat resep lewat fitur upload resep

Jika teman-teman sudah mempunyai resep tertulis dari dokter keluarga atau dokter terdekat, kalian bisa membeli obat resep melalui fitur upload resep. Perlu diingat, foto yang diunggah harus resep dari dokter. Informasi resep juga harus lengkap seperti informasi pasien, dokter, nama obat, dosis, dan tanggal konsultasinya. Dan pastikan foto resep jelas dan tidak blur.

Cara membeli melalui aplikasi


  • Buka aplikasi sehatQ
  • Klik logo toko di halaman depan
  • Cari menu bertuliskan "tebus resep tanpa keluar rumah"
  • Klik upload resep dokter
  • Upload foto resep dengan klik icon plus
  • Isikan alamat, catatan penebusan obat
  • Jika sudah, klik kirim resep
  • Selanjutnya menunggu resep diproses
  • Jika ingin mengecek riwayat pemesanan caranya klik di menu riwayat resep (dekat dengan menu upload resep). Kalian dapat melihat nomor resep, tanggal upload resep, alamat kirim, dan status pembelian. Requested : upload resep sudah berhasil, approved : jenis obat tersedia dan kalian bisa melanjutkan proses pembelian.
  • Obat yang sudah dipilih sesuai resep dan akan di antar dari apotek terdekat dengan alamat tujuan. Selanjutnya, kalian cukup klik bagian Tambah ke Keranjang
  • Di keranjang belanja, di bagian resep, kalian bisa memilih semua obat yang direkomendasikan atau hanya sebagian. Kalian juga bisa mengatur jumlahnya sesuai dengan batas minimal dan maksimal pembelian obat tersebut. Setelah selasai mengatur jumlah pembelian, klik Beli.
  • Setelah itu tentukan, pilih durasi, layanan pengiriman, dan metode pembayaran.
Membeli resep melalui website hampir sama seperti yang ada di aplikasi. Tinggal ikuti alurnya saja, ya.

Selain membeli obat resep, kalian juga dapat berdiskusi lebih lanjut dengan dokter soal keluhan dan penyakit lain yang kalian alami lewat fitur Chat Dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Keuntungan membeli obat di SehatQ

1. Keamanan dan kualitas terjamin
SehatQ mengantongi sertifikat PSEF dari Kementrian Kesehatan yang berarti SehatQ telah menjalankan pelayanan farmasi berbasis internet sesuai dengan peraturan pemerintah. Jadi tidak perlu khawatir untuk membeli obat di sehatQ karena dijamin aman, berkualitas, sehat, dan praktis

2. Ada layanan refund
Jika ada produk yang diterima rusak, tidak sesuai dengan pesanan, produk yang diterima tidak lengkap, dan kondisi tertentu yang memenuhi syarat, kalian bisa mengajukan pengembalian barang dan dana.
SehatQ tetap memperhatikan kualitas barang yang dijual maupun keamanan pengiriman demi kenyamanan belanja kalian.

3. Kemudahan membeli obat
SehatQ menawarkan fasilitas kepada masyarakat untuk membeli obat online secara praktis dan mudah tanpa harus keluar rumah. SehatQ juga menyediakan kebutuhan obat yang aman dan berkualitas.

4. Mendapatkan solusi kesehatan
Tidak hanya kemudahan dalam membeli obat, sehatQ juga memberikan solusi kepada masyarakat yang ingin berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan membantu dari setiap keluhan para pasien dengan tanggap dan informatif.

Masyarakat juga bisa menambah informasi melalui artikel kesehatan yang dipublikasikan oleh sehatQ dengan valid. Tersedia ribuan artikel kesehatan dari berbagai topik. Ada artikel kesehatan mengenai parenting, penyakit, bayi dan menyusui, pola hidup sehat, dan masih banyak lagi.



Penutup

Kita harus waspada dan berhati-hati ketika memutuskan membeli obat secara online. Karena apa yang dikonsumsi akan berpengaruh pada kesehatan. Namun tidak perlu khawatir, kita tetap bisa membeli obat secara daring dengan selektif dan memastikan bahwa penjual telah mengantongi sertifikasi PSEF dari Kementerian Kesehatan. SehatQ telah memiliki sertifikasi tersebut dan telah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet yang sesuai dengan peraturan pemerintah.


 Sumber informasi

https://www.sehatq.com/

https://psef.kemkes.go.id/

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/16/di-balik-alasan-kenapa-milenial-suka-belanja-online/amp


Share with your friends

Give us your opinion

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done