Pengalaman Retur dan Pengembalian Dana di Shopee - felorasa
News Update
Loading...

Jumat, 01 Januari 2021

Pengalaman Retur dan Pengembalian Dana di Shopee

Cerita retur barang shopee


Selama beberapa kali berbelanja online, sebetulnya saya tidak pernah ada keluhan apapun. Nah, baru kemarin ini tanggal 12 Desember 2020, baru rasain sendiri produk salah kirim hehe.

Waktu itu saya membeli 2 produk di shopee mall yaitu bb cream dan lipstik. Ternyata yang diterima adalah bedak dan lipstik dengan harga yang lumayan terpaut banyak. Tanya tanya sana sini, akhirnya saya coba ajukan pengembalian barang.

Jangan lupa, kalian bisa mengirim bukti di menu pengembalian dengan video atau foto jika barang yang diterima tidak sesuai.

Yang terpenting jika kalian mengajukan pengembalian barang dan dana, disarankan untuk menghubungi penjual melalui fitur chat di aplikasi terlebih dahulu ya. Pastikan pesanan masih dalam masa garansi Shopee dan sebelum klik Pesanan Diterima


Respon Penjual

Alhamdulillah respon penjualnya ramah dan gercep. Penjual memberi pilihan mau dikirim ke penjualnya langsung atau mau lewat shopee warehouse. Saya sendiri memilih pengembalian lewat shopee langsung karena prosesnya bisa dilacak lewat app. 

Kalau kirim ke penjualnya maka akan dikirim ke lokasi toko penjualnya. Tapi kalau ke shopee, maka nanti dikirim ke alamat shopee warehouse. 


Respon Shopee

Respon customer service juga ramah dan gercep. Tapi jangan sampai melewatkan sesi chatnya, karena kalau kita lama balas dan ketika disapa cs tp kita tidak merespon, CS bakal nutup sesi chatnya. Kalau seperti itu, berarti kita harus mengulang lagi chat dari awal lagi.

Respon cs shopee
Respon customer service (dok.pribadi)

Sesuai proses pengembalian di aplikasi, jadi kita bakal diminta mengirim balik barang yang kita beli ke shopee warehouse dan alamat pengirimannya sudah tertera di menu pengembalian di aplikasi.

Bagaimana dengan ongkir returnya?

Ongkirku gratis melalui J&T expressOh ya, sebelum ke J&T express pastikan sudah menuliskan nomor resi di paketannya yah. Jangan lupa ya.

Ketika di j&T pun cukup bilang "retur shopee" CS J&Tnya juga sudah paham. Tidak butuh waktu lama, barang sudah terlacak di aplikasi mulai dari lokasinya hingga paketannya sudah diterima pihak shopee atau belum.

Jika paket sudah diterima, kita tinggal tunggu saja validasi oleh tim mediasi shopee. Temen-temen bisa juga chat CS shopee untuk menanyakan kelanjutan pengembalian barangnya.

Saya sendiri kirim balik paket tanggal 19 desember 2020 dan pada 24 desember 2020, uang saya sudah dikembalikan lewat shopee pay. Boleh dibilang proses retur dan pengembalian paketanku cepat.

Baca juga : shopee games tidak hilang, ini letak menunya


Nah, berikut tips agar proses retur dan pengembalian dana lancar

1.  Ketika paketan datang, jangan langsung klik pesanan sudah diterima. Jika sudah klik, maka tidak bisa mengajukan pengembalian dana.

2. Dokumentasikan pesanan dengan video atau foto sebagai bukti jika ada masalah dari barang paketannya.

2. Teliti pesanan yang sudah diterima. Pastikan produk sesuai dengan pesanan.

3. Jangan tunggu sampai masa garansi berakhir.

4. Selalu komunikasikan ke penjual dan CS shopee via chat aplikasi


Jika kalian ada pengalaman lain seputar retur barang, bisa comment di kolom komentar di bawah ya.



Disclaimer : Artikel ini merupakan penilaian dan pengalaman pribadi penulis bukan iklan

Share with your friends

5 komentar

  1. Saya juga kalau produknya agak mahal biasanya rekam video pas buka, buat bukti kalau ada yg ga sesuai.

    Pernah 1x soalnya di Shopee penjual salah kirim & pas ajukan refund diminta upload bukti video.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bgt kak. Aku juga gitu. Tiap barang diterima pasti didokumentasikan. Soalnya ngajuin pengembalian pasti diminta bukti.

      Hapus
  2. Kak gimana kalau pesanan klik sudah diterima? Gimana cara atasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau retur tp udah terlanjur klik pesanan sudah diterima, bakal susah kak. Mungkin bisa hubungi cs shopee untuk solusinya kak.

      Hapus
  3. Saya retur barang namum alamat dan no hp yang diberikan seller palsu,,apakah pengembalian dana saya bisa di selesaikan

    BalasHapus

Selamat Datang
Selamat Datang di Blog Felorasa.
Done